Home Editor's Picks Jalankan PASS, Ponpes Miftahul Ulum Didorong Jadi Pusat Pelatihan Wirausaha

Jalankan PASS, Ponpes Miftahul Ulum Didorong Jadi Pusat Pelatihan Wirausaha

by tabalong hari ini
0 comment

Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri, Okty Damayanti, mendorong Pondok Pesantren Miftahul Ulum Desa Bangkiling Raya menjadi pusat pelatihan berwirausaha bagi pondok pesantren lain. Ini menyusul berhasilnya Program Adaro Santri Sejahtera yang dijalankan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri, Okty Damayanti, usai panen raya ikan patin dikolam budidaya milik Badan Pengelola Usaha Pesantren atau BPUP Ponpes Miftahul Ulum, Desa Bangkiling Raya, Kecamatan Banua Lawas, Sabtu, 13 Mei 2023 tadi PASS Ponpes Miftahul Ulum Sukses.

Menurut Okty, kesuksesan budidaya ikan patin hingga mampu diolah menjadi produk ikan beku oleh BPUP Ponpes Miftahul Ulum mampu mewujudkan santri yang sejahtera.

Terbukti dalam 1 kali panen, kolam budidaya ini mampu memproduksi 6 ton ikan patin segar atau sekitar 8.000 bungkus patin beku yang dijual seharga 35 ribu rupiah per bungkusnya.

Untuk itu, Okty menilai Pondok Pesantren Miftahul Ulum yang telah dibina YABN melalui Program Adaro Santri Sejahtera sejak tahun 2018 lalu layak dijadikan sebagai pusat pembelajaran berwirausaha bagi pondok pesantren lain.

“Rencana kami ke depan abah guru bersama pondok pesantren akan menjadi tempat belajar bagi pondok-pondok pesantren lainnya jadi demplot, jadi center of learning, jadi pusat pelatihan, jadi Abah itu sudah berusaha untuk membuka diri untuk menularkan ilmu-ilmu kepada pondok-pondok pesantren yang mau belajar ke sini,” ujar Okty Damayanti, Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri.

Baca Juga  Terbaru! Masjid Tanjung Telah Mampu Menampung 750 Jamaah

Sementara itu, pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Ulum, K.H Ahmad Satar, mengaku siap jika ke depan Ponpes yang diasuhnya dijadikan sebagai pusat pembelajaran bagi pondok pesantren lain. Agar upaya tersebut terealisasi, Ia berharap PT. Adaro dapat terus memberikan dukungan dan pembinaan.

“Kami berharap dari PT Adaro supaya terus-menerus untuk mendampingi kami di sini makanya 5 tahun kan masih kami mengharapkan untuk lebih sukses dan membanggakan lagi. Beritahu Ulum siap ya Pak menjadi pusat pelatihan? Biar pondok pesantren bisa belajar ke sini? Ya insyaallah siap,” ungkap K.H Ahmad Satar, pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Ulum.

Dengan menjadi wadah belajar bagi pondok pesantren lainnya, diharapkan nantinya para santri dapat mandiri dan memiliki skill berwirausaha. Sehingga tidak hanya lulus dengan bekal ilmu agama saja, namun juga memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam bidang usaha. Sehingga tercapailah cita-cita dalam mewujudkan santri yang sejahtera melalui program Adaro Santri Sejahtera.

(Maria Ulfah/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment