Segera Daftar! 4 Desa di Murung Pudak Jadi Target PTSL 2022

by tabalong hari ini
0 comment

Program SHAT PTSL Kantor Pertanahan Tabalong Tahun 2022 menyasar 4 desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Murung Pudak.

4 desa dan kelurahan tersebut ialah, Desa Kasiau, Desa Masukau, Kelurahan Belimbing Raya dan Kelurahan Sulingan.

Total 1000 bidang tanah yang ada di 4 wilayah tersebut akan dilakukan pengukuran secara gratis di tahun ini. Pengukuran tersebut ditargetkan rampung bulan Oktober 2022. Yang kemudian dilanjutkan dengan pensertifikatan tanah di tahun berikutnya.

Saat ditemui Rabu 28 September 2022, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong, Endah Nurcahaya mengimbau, kepada masyarakat yang memiliki hak atas tanah yang belum terdaftar di wilayah tersebut, agar segera mendaftar, mengingat program PTSL berakhir Tahun 2024-2025.

“Melalui PTSL ini semuanya ditanggung oleh negara melalui kementerian ATR, BPN, jadi semuanya gratis. Jadi sekarang gunakan kesempatan itu, segera daftarkan bidang tanah bapak, ibu yang ada di Desa Kasiau, Masukau, Sulingan, maupun di Belimbing Raya,” katanya.

Endah menambahkan, bagi warga yang ingin mendaftarkan pengukuran tanah secara gratis agar menyiapkan alas hak tanah tersebut, dengan memasang patok tanda batas beserta persetujuan pemilik yang bersebelahan. Kemudian pendaftaran dapat dilakukan melalui Ketua RT, Kepala Desa, atau Lurah setempat.

Sekedar diketahui, hingga Agustus 2022, Kantor Pertanahan Tabalong telah melayani pensertifikatan tanah secara gratis sebanyak 5500 bidang tanah. Atas capaian tersebut Kantah Tabalong mendapat penghargaan terbaik dua dalam kegiatan SHAT-PTSL Tahun 2022 oleh Kanwil BPN Kalsel pada momen hari ulang tahun ke-62 Undang-Undang Pokok Agraria, Sabtu 24 September 2022.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment