Home Tabalong Hari Ini Kampung Warna-Warni Hadir di Desa Padangin

Kampung Warna-Warni Hadir di Desa Padangin

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong melakukan program beautifikasi atau penataan kawasan kumuh di Kampung Warna-Warni Desa Padangin Kecamatan Tanta. Program penataan kawasan kumuh ini diresmikan pada Senin, 29 Januari 2024.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita jembatan Kampung Warna-Warni RT 2 Desa Padangin oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani yang didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Erfin Nirza Siregar, Camat Tanta Adi Fazar, Kepala Desa Padangin, serta instansi terkait lainnya.

Hadirnya Kampung Warna-Warni ini merupakan bagian dari upaya pengentasan kawasan kumuh di Tabalong melalui program beautifikasi kawasan pemukiman.

Adapun program beautifikasi tersebut dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat Maju Jaya yang meliputi pengecatan 20 rumah warga, penyiraman jalan sepanjang 23 meter, dan pengecoran jalan sepanjang 48 meter.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengapresiasi hadirnya Kampung Warna-Warni Desa Padangin. Anang pun menegaskan program penuntasan kawasan kumuh di Tabalong akan terus dilanjutkan.

“Nah, ini dalam rangka bagian dari ikhtiar kita untuk pengentasan kekumuhan. Nah, kita memang ada program menuntaskan kota-kota kumuh, kekumuhan di perkotaan ini. Kita mulai dari Desa Padangin. Kita tadi melihat ya sebelum dilakukan pembangunan, kita bandingkan dengan setelah selesai, ya terlihat sekali bedanya,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Sementara itu, warga Kampung Warna-Warni, Halmina, mengaku sangat senang dengan adanya program ini. Ia menilai pembuatan Kampung Warna-Warni mengubah kawasan yang dulunya kurang tertata menjadi bersih dan indah.

Baca Juga  Harga Beras Naik, Pemkab Tabalong Siapkan Strategi

“Ya suasana nggak bersih. Setelah warna-warni bersih sekali. (Warnanya ini apakah memang Ibu sukai?) Yaa senang sekali, warna kain ini,” ujar Halmina, warga Kampung Warna-Warni.

Diketahui, program beautifikasi Desa Padangin dibangun berkat kolaborasi baik dari Pemerintah Kabupaten, desa, maupun masyarakat. Program ini menelan anggaran sekitar 226 juta rupiah yang terdiri dari APBD Induk 2023 sebesar 50 juta rupiah, APBD Perubahan 2023 75 juta rupiah, dana desa Padangin 80 juta rupiah, serta dana swadaya masyarakat 21 juta 357 ribu rupiah.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment