Home Tabalong Hari Ini Desa Warukin Wakili Tabalong Diajang Penilaian PATBM Kalsel

Desa Warukin Wakili Tabalong Diajang Penilaian PATBM Kalsel

by Muhammad Rais
0 comment

Desa Warukin, Kecamatan Tanta, mewakili Kabupaten Tabalong dalam penilaian Program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Program ini dinilai pada Senin, 2 Oktober 2023.

Sebanyak tiga orang tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB) Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan verifikasi lapangan program PATBM di kantor Desa Warukin, Kecamatan Tanta.

Tim penilai memverifikasi sejumlah indikator PATBM yang diterapkan di Desa Warukin, seperti regulasi dan manajemen, pembiayaan atau anggaran PATBM, penyediaan informasi terkait PATBM, perlengkapan, partisipasi masyarakat, serta inovasi PATBM dalam melakukan perlindungan anak.

Tim penilai PATBM tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Em Indriani Dwi Astuti, mengatakan bahwa kegiatan penilaian ini dilakukan dalam rangka membina sekaligus memotivasi kinerja anggota PATBM dari seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan anggota PATMB mampu memaksimalkan perannya dalam mencegah kekerasan terhadap anak, memberikan respon cepat jika terjadi kasus pada anak, serta aktif memberikan edukasi terkait pencegahan kekerasan anak pada masyarakat.

“Jelas untuk melakukan pencegahan terhadap tindak kekerasan terhadap anak, yang kedua respon cepat terhadap kasus kekerasan anak yang ada, dan yang ke empat yaitu merubah pola pikir masyarakat yaitu memberikan edukasi ke masyarakat sehingga bisa mengubah pola pikir di desa, mungkin itu tujuannya,” ujar Em Indriani Dwi Warastuti, Tim Penilai PATBM.

Baca Juga  Momen Hari Guru, Bupati Anang Tantang Guru Lebih Inovatif

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tabalong, Rusmadi, menyambut baik adanya verifikasi lapangan ini. Selaku leading sektor, ia pun berkomitmen untuk menjadikan masukan dan saran yang telah diberikan oleh tim verifikator sebagai bahan acuan dalam meningkatkan kualitas PATBM di Kabupaten Tabalong.

“Ya tentunya kalau ada tim verifikasi ini tentu adanya masukan-masukan, kekurangan-kekurangan yang ada tentunya itu akan menjadi masukan kita untuk meningkatkan aktivitas PATBM, bukan hanya di Desa Warukin tapi secara menyeluruh kami berterimakasih dengan masukan-masukan itu tentunya, dan tentunya kalau ada yang bagus tentunya kita akan mentransfer ke PATBM yang ada di desa-desa lain seperti itu,” kata Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tabalong.

Rusmadi pun berharap penilaian PATBM di Desa Warukin dapat memotivasi desa maupun kelurahan lainnya di Tabalong untuk terus meningkatkan keaktifannya dalam mencegah kekerasan pada anak.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment