Pasar Hewan Bakal Dibuka, Pemkab Siapkan 103 Sapi Untuk Kelompok Tani

by tabalong hari ini
0 comment

Upayakan menghidupkan kembali pasar hewan Jaro akan diupayakan dinas perkebunan dan peternakan Tabalong. Dalam waktu dekat Disbunnak akan melalukan pembenahan fasilitas dan pengadaan bibit sapi.

Setelah lama ditutup akibat pandemi covid 19 dan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, Dinas Perkebunan dan Peternakan kabupqaten Tabalong, berupaya untuk membuka kembali pasar hewan di Kecamatan Jaro .

Dalam upaya menghidupkan kembali pasar hewan Jaro, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, akan melakukan pembenahan sejumlah fasilitas yang ada di Pasar Hewan Jaro terutama pagar pembatas di Tahun 2023.

Saat ditemui usai menerima kunjungan Komisi 2 DPRD Tabalong Senin 9 Januari 2023, Fungsional Pengawas Bibit Ternak Bidang Sarana Disbunnak Tabalong, Fahriadi mengatakan, upaya dibukanya kembali pasar hewan Jaro sepakat dilakukan, terlebih di tahun ini pula , sebagai upaya pemenuhan kebutuhan sapi sekaligus untuk meningkatkan populasi sapi di Tabalong Disbunnak juga akan melakukan pengadaan bibit ternak sapi sebanyak 103 ekor . Yang mana bibit sapi ini nantinya akan dibagikan kepada Kelompok Tani di Tabalong untuk digemukkan.

“Nah memang perlu ada pembenahan pembenahan kembali, memang di Tahun 2023 Insyaallah akan kita, disana kan pagar untuk keamanan ternak kalau kita adakan dalam jumlah banyak itu kurang aman disana, jadi Insyaallah di Tahun 2023 sudah mungkin disetujui oleh bapak dari anggota dewan, kita adakan pagar disana, Nah untuk menghidupkan kembali pasar hewan Insyaallah untuk 2023 kalau memang tidak ada kendala pengadaan ternak sapi, penggemukan, itu sekitar 103 ekor, nah itu nanti mudah mudahan bisa untuk menghidupi pasar hewan yang ada di Desa Jaro,” tuturnya.

Dengan adanya upaya menghidupkan kembali pasar hewan Jaro, kepala Desa Jaro, Tugimin, mengaku sangat mendukung apa yang akan dilakukan oleh dinas perkebunan dan peternakan Tabalong, terlebih hal tersebut dibarengi dengan adanya pengadaan bibit sapi bagi kelompok tani.

“Kalau bisa ya di Tahun 2023 ini khususnya di kelompok lembu sejati kami minta sapi penggemukan, yang artinya nanti dengan adanya sapi penggemukan kami lambat laun akan menghidupkan pasar, karena kelompok kami lembu sejati berdekatan dengan pasar hewan sehingga petani-petani yang menggaduh sapi betina dapat membawa ke pasar hewan,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong, populasi hewan ternak di Kabupaten Tabalong sebanyak lebih dari tiga ribu ekor, dan untuk saat ini Disbunnak Tabalong dapat menangani penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak, sehingga di Kabupaten Tabalong, tidak ada hewan ternak yang terjangkit penyakit ini.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment