Home Tabalong Hari Ini Desa Padang Panjang Masuk Top 15 Desa Brilian 2023, BRI Tabalong Serahkan Reward

Desa Padang Panjang Masuk Top 15 Desa Brilian 2023, BRI Tabalong Serahkan Reward

by Muhammad Rais
0 comment

BRI Cabang Tanjung Tabalong memberikan reward kepada Desa Padang Panjang, Kecamatan Tanta, atas capaiannya yang telah masuk top 15 peserta New Desa Brilian Tahun 2023 Batch Dua. Reward tersebut diserahkan pada Rabu, 13 September 2023, di aula Taman Wisata Menanti Laburan.

Keberhasilan Desa Padang Panjang yang masuk dalam 15 besar Desa Brilian Tahun 2023 Batch Dua mendapat apresiasi dari Bank Rakyat Indonesia Cabang Tanjung.

Apresiasi tersebut dibuktikan dengan diserahkannya reward berupa uang sebesar sepuluh juta Rupiah oleh Kepala BRI Cabang Anjung Tabalong, Nur Johnson Arifin, kepada Kepala Desa Padang Panjang, Bumukti.

Selain uang, BRI Cabang Tanjung bersama Universitas Padjajaran sebagai mitra BRI dalam penyelenggaraan program Desa Brilian juga akan turut melakukan pendampingan.

Kepala BRI Cabang Tanjung Tabalong, Nur Johnson Arifin, menjelaskan bahwa program Desa Brilian merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan untuk menciptakan desa yang mandiri secara ekonomi dan mampu tumbuh secara berkelanjutan.

Dengan adanya program ini, diharapkan desa yang ikut serta dapat mengoptimalkan seluruh potensi yang ada, salah satunya pemanfaatan teknologi digital dalam berbagai aspek.

Selain itu, nantinya BRI juga akan melakukan pemberdayaan kepada seluruh perangkat desa, pengelola BUMDes, Kepala Unit Usaha, perwakilan BPD, pelaku usaha muda milennial desa dan Karang Taruna, klaster UMKM, dan kelompok ibu-ibu PKK.

Baca Juga  DPRD Kalsel Apresiasi Bumdes Maju Jaya Padang Panjang

“Manfaatnya sangat banyak yaitu antara lain pelatihan secara online gratis untuk memajukan desa, peningkatan kapasitas dan kapabilitas manajemen desa. Diharapkan kedepan tidak hanya Padang Panjang, tapi desa-desa lain yang ada di Tanjung Tabalong bisa mendapatkan pelatihan gratis dari BRI,” ujar Nur Johnson Arifin, Kepala Cabang BRI Tanjung Tabalong.

Sementara itu, Kepala Desa Padang Panjang, Bumukti, bersyukur desa Padang Panjang bersama BUMDes Maju Jaya dapat terpilih masuk dalam 15 besar Desa Brilian 2023 Batch Dua. Menurutnya, hasil ini merupakan salah satu bukti sinergi yang baik antara BUMDes dan pemerintah desa.

“Salah satunya sinergitas antara BUMDes dengan desa harus terbangun dengan baik, karena BUMDes diharapkan menjadi salah satu penggerak ekonomi di desa atau motor penggerak ekonomi di desa, sehingga desa bisa, yang artinya melakukan atau pernyataan modal melalui BUMDes,” ujar Bumukti, Kepala Desa Padang Panjang.

Bumukti berharap Desa Padang Panjang terus melaju hingga kembali terpilih dalam lima besar nasional New Desa Brilian 2023 Batch 2, yang akan diumumkan pada bulan November 2023 mendatang.

Diketahui, untuk merasakan manfaat program Desa Brilian, BRI menetapkan sejumlah kriteria desa penerima, di antaranya memiliki BUMDes aktif, BUMDes memiliki rekening simpanan BRI, dan desa harus memiliki produk unggulan kawasan pedesaan.

You Might Be Interested In
Baca Juga  HUT RI Ke-77 Bawa Berkah Bagi Pedagang Kerupuk di Tanjung

Adapun keunggulan Desa Padang Panjang adalah hadirnya objek wisata Taman Menanti Laburan yang dikelola Badan Usaha Milik Desa setempat.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment