Home Tabalong Hari Ini Dandim Tabalong Ingatkan Warga Tabalong Jaga Kelestarian Sungai

Dandim Tabalong Ingatkan Warga Tabalong Jaga Kelestarian Sungai

by Muhammad Rais
0 comment

Komandan Kodim 1008 Tabalong Letkol Infanteri Budi Sanjaya Galih mengingatkan masyarakat untuk berperan aktif menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. Pasalnya, upaya tersebut tidak dapat dilakukan satu orang saja melainkan perlu dukungan seluruh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1008 Tabalong Letkol Infanteri Budi Sanjaya Galih saat diwawancarai usai meninjau kegiatan pembersihan sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN 2024 di aliran Sungai Mangkusip, Desa Lok Bayur, Kecamatan Tanta, pada Jumat, 23 Februari 2024.

Letkol Infanteri Budi Sanjaya Galih menjelaskan bahwa upaya menjaga lingkungan khususnya sungai tidak hanya dapat dilakukan oleh satu orang atau kelompok saja, melainkan juga harus didukung oleh seluruh lapisan masyarakat.

Untuk itu, Galih mengajak seluruh lapisan masyarakat agar berperan aktif dalam upaya menjaga sungai dari sampah. Pasalnya, sampah yang dibuang sembarangan dapat menjadi sumber penyakit bahkan pemicu bencana.

“Kepedulian ini tidak bisa kita bergantung pada satu dua orang saja, hanya dengan aparat ataupun instansi dengan kelompok-kelompok masyarakat, tapi seluruh masyarakat harus berperan di sini untuk menjaga lingkungan agar tetap kita bisa menikmati indahnya di lingkungan kita. Kalau tidak seperti ini, sampah-sampah dibuang sembarangan akhirnya penyakit, bencana bisa terjadi,” ujar Letkol Infanteri Budi Sanjaya Galih, Dandim 1008 Tabalong.

Galih menambahkan bahwa kegiatan pembersihan sungai merupakan kegiatan rutin yang pihaknya lakukan dalam rangka mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir. Dalam kesempatan ini, pihaknya juga mengerahkan 20 personel untuk turun langsung membantu proses pembersihan sungai.

Baca Juga  TP PKK Tabalong Bantu Anak Yatim dan Lansia di Kecamatan Muara Harus

Diketahui, setelah kegiatan pembersihan sampah yang dilakukan selama kurang lebih 3 jam, sampah yang terkumpul diperkirakan berjumlah 4,5 ton, terdiri dari 225 kilogram sampah anorganik yang dapat didaur ulang, dan sisanya merupakan sampah residu yang akan dibuang ke TPA.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment