Home Tabalong Hari Ini Desa Ampukung Wakili Tabalong Dalam Penilaian P2K2 Kalsel

Desa Ampukung Wakili Tabalong Dalam Penilaian P2K2 Kalsel

by Muhammad Rais
0 comment

Desa Ampukung, Kecamatan Kelua, terpilih untuk mewakili Kabupaten Tabalong dalam penilaian Program Desa Pelaksana Peningkatan Kualitas Keluarga (P2K2) tahun 2023 tingkat Kalimantan Selatan. Program ini dilakukan verifikasi dan penilaian pada Selasa, 3 Oktober 2023.

Tim penilai P2K2, yang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Selatan, bersama Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan, melakukan verifikasi dan penilaian P2K2 di Desa Ampukung.

Didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Tabalong, Syarifah Syifa Anang Syakhfiani, Staf Ahli Bupati Tabalong, Zulfan Noor, Kepala DP3AP2KB Tabalong, Rusmadi, dan Camat Kelua, Suwandi.

Tim penilai P2K2 menyambangi beberapa lokasi yang menjadi lokus penilaian, antara lain Dusun Wisma Ampukung, Kelompok Wanita Tani, Kantor Desa Ampukung, dan beberapa lokasi lainnya.

Melalui verifikasi lapangan ini, tim penilai melihat langsung berbagai upaya pembinaan dan program peningkatan kesejahteraan keluarga yang dilakukan di Desa Ampukung, seperti Posyandu, Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK Remaja), PKK Desa, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), serta beberapa program lainnya.

Dari hasil verifikasi lapangan ini, Kepala DP3AKB Provinsi Kalimantan Selatan, Adi Santoso, mengapresiasi pelaksanaan program P2K2 di Desa Ampukung. Menurutnya, seluruh pihak telah berkolaborasi untuk mengintervensi kebutuhan masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Sebagaimana kita ketahui, verifikasi lapangan yang telah kami laksanakan luar biasa di Desa Ampukung, dibawah komando ibu ketua TP PKK Tabalong, semua dinas, instansi terkait, dan organisasi lainnya bergerak didalam kolaborasi, gotong royong, mengintervensi hasil survey apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di Desa Ampukung ini, pada dimensi ketahanan ekonomi keluarga, kita lihat semua sektor bergerak, ada keterampilan pertanian, industri rumahan, dan lain sebagainya, ini sangat mendukung untuk peningkatan pendapatan keluarga di Desa Ampukung, kami berharap mudah-mudahan Desa Ampukung bisa menjadi desa terbaik didalam pelaksanaan TPK2D di Kalimantan Selatan,” ujar Adi Santoso, Kepala DP3AKB Provinsi Kalsel.

Baca Juga  Momen Milad ke-57, SMKS Tabalong Buka Kelas Khusus BMC

Diketahui, tim penilai melakukan verifikasi dan penilaian Indeks Kualitas Keluarga (IKK) terhadap 29 indikator yang terbagi menjadi 5 dimensi sebagai tolak ukur keberhasilan pembangunan kualitas keluarga.

Sebelumnya, penilaian peningkatan kualitas keluarga dimulai dengan mendata kondisi sumber daya alam, sarana prasarana, serta kondisi masing-masing keluarga di Desa Ampukung.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Top of Form

Related Articles

Leave a Comment