Home DPRD Komisi III DPRD Dorong BPBD Lakukan Mitigasi Bencana

Komisi III DPRD Dorong BPBD Lakukan Mitigasi Bencana

by tabalong hari ini
0 comment

Komisi III DPRD Tabalong mendorong Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabalong untuk terus melakukan mitigasi bencana. Pasalnya, melalui mitigasi tersebut, segala bentuk bencana dapat dicegah atau dikurangi dampaknya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong, Noor Farida, usai rapat kerja antara Komisi III DPRD dengan BPBD Tabalong yang membahas evaluasi program kegiatan tahun 2022 dan rencana kerja BPBD Tabalong tahun 2023, Senin 20 Maret 2023.

Noor Farida mendorong BPBD Tabalong untuk tidak hanya berperan saat terjadi suatu bencana saja, namun juga lebih ke arah upaya mitigasi seperti antisipasi dan evaluasi dari sejumlah bencana yang terjadi di Tabalong.

Pasalnya, upaya mitigasi bencana penting dilakukan untuk mencegah terjadi bencana serupa dan dampak yang lebih besar dari bencana tersebut.

“Harapan kami dari Komisi 3, BPBD ini tidak hanya sebagai sebuah badan yang hanya diperlukan pada saat terjadi bencana, tetapi mereka ada pada saat kapan pun, dan juga kami berharap kinerja mereka terus berkesinambungan, terintegrasi, dan mereka punya program yang berkelanjutan untuk penanganan bencana, bagaimana agar bencana itu tidak hanya terpikirkan pada saat terjadi bencana, tetapi sudah dipikirkan jauh sebelum bencana itu ada,” ujar Noor Farida, Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong.

Sementara itu, Kepala BPBD Tabalong, Zahirsyah Manuar, mengatakan bahwa dari sejumlah masukan dan arahan dari Komisi III DPRD tersebut, akan dijadikan evaluasi untuk kegiatan BPBD ke depan.

Baca Juga  Musrenbang Muara Harus, Usulan Pelayanan Publik Mendominasi

“Jadi untuk tahun 2022 yang dievaluasi memang banyak sekali masukan-masukan yang juga arahan-arahan dari ketua dan anggota komisi berkaitan dengan kegiatan kami, banyak juga arahan-arahan beliau untuk kegiatan selanjutnya, kemudian juga kami sampaikan ada beberapa permasalahan juga yang kami hadapi tahun 2022 yang lalu, dan alhamdulillah kekurangan kami tahun 2022 itu sudah kita anggarkan untuk kegiatan yang kita laksanakan tahun ini,” ujar Zahirsyah Manuar, Kepala BPBD Tabalong.

Dalam rapat ini, Komisi III DPRD Tabalong juga turut mengapresiasi serapan anggaran BPBD yang dinilai sudah cukup bagus, yakni berada di angka 91,06 persen. Komisi III juga mendorong agar serapan anggaran BPBD terus meningkat setiap tahunnya.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment