Home Tabalong Hari Ini Koordinator BAAS Nasional Yakin Tabalong Mampu Zero Stunting

Koordinator BAAS Nasional Yakin Tabalong Mampu Zero Stunting

by Muhammad Rais
0 comment

Koordinator Bapak Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS) Nasional, bersama PT Adaro Energy Indonesia, melakukan monitoring pelaksanaan program BAAS di Tabalong. Koordinator BAAS Nasional meyakini kasus stunting di Tabalong dapat ditangani melalui dukungan dari mitra kerja.

Hal tersebut disampaikan Dwi Listyawardani, selaku Koordinator Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting Nasional, dalam sambutannya saat berkunjung ke Tabalong pada Selasa, 7 November 2023, di Balai Rakyat Dandung Sucrowardi, Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Monitoring ini turut dihadiri Dewan Penasehat Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia, sekaligus Menteri Kesehatan Republik Indonesia periode 2014 hingga 2019, Profesor Nila Djuwita Moeloek, Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) sekaligus Divisional Head CSR Adaro Energy Indonesia, Okty Damayanti, Ketua YABN Zuraida Murdia Hamdie, Kepala BKKBN Provinsi Kalsel, PT Adaro Indonesia, dan mitra kerja, serta jajaran pemerintah Kabupaten Tabalong.

Dalam sambutannya, Dwi Listyawardani mengatakan bahwa saat ini stunting merupakan permasalahan yang harus diatasi di Indonesia, terlebih saat ini Presiden Joko Widodo menargetkan angka stunting mampu turun menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Ia pun meyakini kasus stunting di Tabalong dapat rendah dibandingkan target tersebut, bahkan dapat mencapai zero stunting. Pasalnya, sejak tahun 2020 lalu, Kabupaten Tabalong meraih predikat Kabupaten ODF (Open Defecation Free) pertama di Kalimantan Selatan.

Baca Juga  Pemkab Tabalong: Natal Jadi Momen Perkuat Kedamaian di Tengah Keberagaman

“Kita berusaha bagaimana semua lini memikirkan stunting menjadi musuh kita bersama dengan kita memberlakukan stunting sebagai musuh kita bersama maka insyaallah bahwa ini bisa kita atasi karena memang target 14 persen sebetulnya juga masih cukup tinggi karena memang harapannya harus lebih rendah dari itu dan saya yakin bahwa di Tabalong mudah-mudahan bisa mencapai bahkan tahun ini mungkin bisa pak insyaallah. Karena yang jelas langkah-langkah menuju kesana itu sudah dilakukan di antara lain dengan menzero kan atau menihilkan, menuntaskan ODF,” ujar Dwi Listyawardani, Koordinator Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting Nasional.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam sambutannya, mengatakan bahwa zero stunting di Tabalong sangat mungkin terwujud. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah daerah Kabupaten Tabalong akan terus melakukan inovasi-inovasi untuk percepatan penurunan stunting dan melakukan kolaborasi dengan perusahaan swasta, termasuk PT Adaro.

“Mungkin nggak stunting ini kita nolkan? Sangat mungkin. Yang penting teman-teman di jajaran saya terus melakukan inovasi dan yang kedua kita akan mengembangkan kolaborasi tidak hanya dengan Adaro dan mitra kerja, tapi dengan stakeholder lain.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Anang menambahkan bahwa pemerintah Kabupaten Tabalong akan terus melakukan pendekatan komunikasi melalui program BAAS, serta melakukan berbagai upaya dan langkah terhadap masyarakat Tabalong agar zero stunting dapat segera terwujud.

Baca Juga  Bupati Anang Minta Peserta Diklat PIM Terapkan Inovasi

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment