Home Tabalong Hari Ini Survey Reakreditasi FKTP di Puskesmas Mabuun

Survey Reakreditasi FKTP di Puskesmas Mabuun

by Muhammad Rais
0 comment

Tim surveyor lembaga penyelenggara akreditasi dari Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (LASKESI) melakukan survey reakreditasi fasilitas kesehatan tingkat pertama Puskesmas Mabu’un. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong berharap agar Puskesmas Mabu’un dapat meraih akreditasi tingkat paripurna.

Tim surveyor lembaga penyelenggara akreditasi dari LASKESI yang diketuai Dokter Wuruk Agung Pribuwono didampingi Fahriadi Ariady mendatangi Puskesmas Mabu’un Kecamatan Murung Pudak pada Selasa, 17 Oktober 2023. Kedatangan tim ini untuk melakukan survey reakreditasi terhadap Puskesmas Mabu’un.

Survey turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong, Camat Murung Pudak beserta jajaran Forkopimca, kelurahan Mabu’un, perwakilan perusahaan swasta, Dinas Kesehatan Tabalong, serta stakeholder terkait lainnya. Dalam survey ini, tim surveyor mewawancara lintas sektoral dan mensurvei langsung mengenai kegiatan dan program, salah satunya seperti Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) yang ada di Puskesmas Mabu’un.

Dari 18 Puskesmas yang ada di Kabupaten Tabalong, Puskesmas Mabu’un yang pertama mendapat survey reakreditasi di tahun 2023. Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie, optimis Puskesmas Mabu’un dapat meningkatkan akreditasinya yang sebelumnya Madya menjadi tingkat paling tinggi, yakni Paripurna. Pasalnya, Puskesmas Mabu’un telah berhasil meraih predikat juara pertama sebagai Puskesmas dengan kinerja terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023.

“Akreditasi ini ada level-level-level nya, ada dari dasar, madya, utama sampai paripurna. Kita optimis aja deh sampai paripurna, kebetulan juga tahun ini Puskesmas Mabu’un berhasil mendapat predikat Puskesmas terbaik se Kalimantan Selatan, nah jadi kita dengan predikat itu sangat pantas mereka juga mendapat predikat paripurna.” ujar dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Baca Juga  Masyarakat Harap HUT Ke-58 Tabalong Jadi Momen Peningkatan SDM

Sebelumnya, tim surveyor sudah melakukan penilaian secara daring selama 2 hari pada Puskesmas Mabu’un. Dan setelah survey secara luring ini, penentuan reakreditasi akan diumumkan.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment