Terima Subsidi Kedelai, Produsen Tahu Tempe : Ukuran & Harga Kembali Normal

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Koperasi Ukm Perindag Tabalong memantau pabrik pembuatan tahu dan tempe yang ada di Tabalong pada 17 November 2022. Pemantauan dilakukan kepada pengrajin tahu tempe yang mendapatkan subsidi kacang kedelai dari Pemkab Tabalong. Paslanya sebelumnya Pemkab Tabalong telah memberikan subsidi kacang kedelai pada 10 produsen tempe dan tahu di Tabalong.

Pemantauan dilakukan untuk memastikan produk tahu tempe dari produsen tidak menurun, baik kualitas dan kuantitasnya, serta harga jualnya tidak mengalami kenaikan. Dari hasil pantauan ini, diketahui harga penjualan di tingkat distributor kembali normal. Sedangkan ukurannya pun dikembalikan ke bentuk normal.

Sebelumnya untuk menghindari kerugian akibat kenaikan harga kacang kedelai, produsen memperkecil ukuran tahu tempe, serta menaikkan harganya. Para produsen pun merasa terbantu dengan subsidi kedelai sehingga dapat mengembalikan produksi tempe seperti semula.

“Syukur Alhamdulillah saya ucapkan kepada Pemerintah Tabalong terutama pak bupati yang sudah menggelar program kacang kedelai bersubsidi, yang saya anggap harganya memberi keringanan, dengan harga subsidi ini kami lebih bisa mengajukan harga lebih baik lagi kaya stabil seperti hari biasa” ungkap Kartini, Pengelola Pabrik Tempe Asli.

Kepala Diskop, UKM, Perindag Tabalong, Husin Ansari, mengharapkan agar subsidi ini sampai ke tingkat pedagang. Dirinya mengharapkan agar para pedagang juga dapat menyesuaikan harga tempe yang mereka jual, dan tidak memanfaatkan kesempatan untuk mengambil keuntungan lebih.

“Harapan kami kepada pabrik tempe karena ini ada 10 pabrik tahu tempe yang kita beri subsidi kacang kedelai nya kita harapkan kalau dulunya ukuran kecil, itu harus kembali ke awal dan yang kedua menurunkan harganya, dan yang paling penting di pasar-pasar, para penjual keliling itu bisa menurunkan harga tempenya sesuai dengan harga yang diberi oleh distributor,” tuturnya.

Sebelum adanya subsidi ini, harga kacang kedelai mencapai 14.270 per kilogram. Namun kini para pengrajin tempe sudah mendapatkan subsidi 5 ribu untuk 1 kilogram kacang kedelai.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment