Home Tabalong Hari IniPemerintahan Pimpin Apel Siap Siaga Karhutla, Bupati Anang: Perkuat Pencegahan Karhutla!

Pimpin Apel Siap Siaga Karhutla, Bupati Anang: Perkuat Pencegahan Karhutla!

by Muhammad Rais
0 comment

Guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Tabalong, pemerintah daerah Kabupaten Tabalong menggelar apel kesiapsiagaan karhutla pada Rabu 9 Agustus 2023, di Lapangan Driving Range Pertamina Kecamatan Murung Pudak.

Apel kesiapsiagaan karhutla ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari TNI, Polri, instansi vertikal, perusahaan, SKPD terkait, sejumlah kepala desa, kelompok tani peduli api, unit penanggulangan bencana swadaya (UPBS), serta relawan pemadam kebakaran se-Tabalong.

Apel kesiapsiagaan kebakaran hutan dan lahan ini dipimpin langsung oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, dan turut dihadiri jajaran Forkopimda Tabalong.

Dalam sambutannya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, menuturkan bahwa melalui apel siaga ini semakin mempertegas kesiapsiagaan, memperkuat sinergitas, kolaborasi, dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Tabalong.

Disamping itu, Bupati Anang turut meminta seluruh jajaran untuk selalu waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan, dan terus memperkuat berbagai upaya pencegahan karhutla. Pasalnya, Tabalong termasuk daerah yang berpotensi tinggi terjadinya karhutla.

“Untuk itu, saya minta kepada seluruh stakeholder terkait agar benar-benar memperkuat pencegahan. Lakukan pemetaan wilayah-wilayah rawan KARHUTLA. Pantau terus keberadaan dan potensi-potensi titik api, baik melalui aplikasi maupun patroli langsung ke lapangan. Cepat laporkan apabila ada hotspot terdeteksi.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Anang menambahkan agar sosialisasi pencegahan karhutla secara terus-menerus dilakukan, guna mendorong kesadaran masyarakat untuk peduli dan berperan aktif dalam pencegahan karhutla di Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Tanjung Expo Center Bakal Direvitalisasi Akhir Tahun 2023

Sementara itu, Sekretaris BPBD Tabalong, Muhammad Joko, menjelaskan bahwa hingga saat ini telah ditemukan 38 titik hotspot di Kabupaten Tabalong. Untuk meningkatkan kesiapsiagaan penanganan karhutla, BPBD Tabalong telah bekerjasama dengan BPBD Provinsi Kalimantan Selatan.

“Jadi kami bekerjasama dengan BPBD Provinsi untuk water pumping dari heli, water pumping itu sudah komunikasi misalnya kami tidak bisa menuju daerah tersebut, jadi BNPB atau heli BNPB akan turun ke daerah itu.” ujar Muhammad Joko, Sekretaris BPBD Tabalong.

Muhammad Joko pun mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Tabalong untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar, dan apabila menemukan titik api, agar segera melaporkan ke petugas terdekat.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment