Home Tabalong Hari Ini Kontes Burung di Desa Wayau, 1 Unit Sepeda Motor Jadi Doorprize

Kontes Burung di Desa Wayau, 1 Unit Sepeda Motor Jadi Doorprize

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam Rangka Memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Masyarakat Desa Wayau dengan Didukung Pemerintah Desa Wayau Mengadakan Kontes Burung Berkicau. Kontes Tersebut Mempertandingkan 38 Race Perlombaan dengan Berbagai Jenis Burung.

Kontes Burung Berkicau Digelar pada Minggu, 13 Agustus 2023, di Objek Wisata Dewata Batu Ampar, Desa Wayau RT 9, Kecamatan Tanjung.

Kontes Ini Diperkirakan Diikuti Ratusan Peserta yang Berasal dari Kabupaten Sebanua Anam Kalimantan Selatan, serta Kabupaten-Kabupaten Lain di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Kontes Burung Berkicau Mempertandingkan 38 Race Perlombaan dengan Berbagai Jenis Burung, Mulai dari Murai, Lovebird, Kacer, Cucak Ijo, dan Campuran. Penilaian Dilakukan oleh Tim Rajawali Indonesia.

Ketua Panitia Kontes Burung Berkicau, Saparin Anwar, yang Dikonfirmasi Selama Perlombaan Berharap Kegiatan Ini Mempererat Tali Silaturahmi Penggiat Burung Berkicau serta Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Mencintai Hewan, Terutama Burung Berkicau yang Hampir Punah. Selain Itu Juga Menjadi Momentum untuk Memperkenalkan Tempat Wisata.

“Kita lebih memperkenalkan tempat wisata yang ada di Desa Wayau ini, Dewata Balarutan namanya. Jalan satu-satunya, diantaranya ya mengadakan lomba gantangan burung seperti ini. Ini sudah kedua kali regional, sebelumnya kita tiap hari Selasa tiap minggu kita mengadakan yang untuk lokal.” ujar Saparin Anwar, Ketua Panitia Kontes Burung Berkicau.

Baca Juga  Peringati Maulid Nabi Muhammad, Warga Kasiau Gotong Royong Gelar Perayaan

Kontes Burung Berkicau Berlangsung dari Jam 1 Siang sampai dengan Jam 8 Malam. Selama Kontes Berlangsung, Setiap Race Perlombaan Menghasilkan 5 Pemenang. Kemudian Diakumulasi untuk Menentukan Juara Umum dan Juara untuk Masing-Masing Jenis Burung. Hadiah Berupa Trofi, Piagam Penghargaan, dan Total Uang Pembinaan 5 Juta Rupiah.

Kepala Desa Wayau, Masrani, yang Ditemui Usai Penyerahan Hadiah Lomba, Mengatakan Kontes Burung Berkicau Merupakan Inisiatif Masyarakat Wayau, Kemudian Didukung Pemerintah Desa Wayau, Stakeholder Terkait, serta Para Donatur dan Pengusaha. Khusus untuk Kontes Tahun Kedua Ini, Pemerintah Desa Wayau Memberikan Dukungan Pembuatan Jalan Menggunakan Paving Block untuk Mempermudah Akses Menuju Lokasi Lomba.

“Karena eventnya ini besar ya Sebanua Anam, jadi kita itu istilah support habislah, artinya kita berusaha membantu sehingga acara ini bisa terlaksana. Dari pihak panitia pun bisa mengadakan acara ini dengan maksimal.” ujar Masrani, Kepala Desa Wayau.

Kontes Burung Berkicau Diakhiri dengan Pengundian Doorprize bagi Seluruh Peserta Lomba. Adapun Hadiah Utama Doorprize Ialah Sepeda Motor, Sepeda Gunung, Kipas Angin, Rice Cooker, dan Lain-lain.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

You Might Be Interested In
Baca Juga  P3K Dapat Memperoleh Cuti Haji/Umrah dengan Syarat Berikut...

Related Articles

Leave a Comment