Home DPRD DPRD Dorong DKPPTPH Percepat Realisasi Pembangunan Fisik

DPRD Dorong DKPPTPH Percepat Realisasi Pembangunan Fisik

by Muhammad Rais
0 comment

Komisi II DPRD Tabalong melaksanakan rapat kerja evaluasi kinerja tahun 2023 bersama Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPPTPH) Tabalong pada Senin, 8 Januari 2024, di ruang rapat Komisi Dua DPRD Tabalong.

Rapat kerja ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPRD Tabalong, Eka Nor Efiani, dan dihadiri sejumlah anggota Komisi II DPRD serta Kepala DKPPTPH Tabalong, Fahrulraji, beserta jajaran DKPPTPH.

Berdasarkan paparan yang disampaikan Fahrulraji, diketahui dari alokasi anggaran sebesar 58 milyar lebih, realisasi anggaran DKPPTPH tahun 2023 mencapai 51,6 milyar atau 88,78 persen.

Masih belum maksimalnya serapan anggaran tersebut disebabkan adanya pembangunan fisik seperti embung yang tidak dapat berjalan dengan baik lantaran terkendala kondisi cuaca hujan yang cukup tinggi.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Komisi Dua DPRD Tabalong, Eka Nor Efiani, mendorong agar program kegiatan DKPPTPH tahun 2024 yang sangat terpengaruh oleh kondisi cuaca dapat dilaksanakan di triwulan awal.

“Kami mengusulkan untuk kedepannya sebelum melaksanakan, hendaknya kegiatan-kegiatan yang memerlukan cuaca yang baik hendaknya dikerjakan di waktu lebih awal, jangan diubah-ubah. Terus untuk usulan-usulan dari masyarakat melalui DPRD hendaklah juga dimasukkan karena itu akan membantu masyarakat yang memang benar-benar perlu,” ujar Eka Nor Efiani, Ketua Komisi II DPRD Tabalong.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPTPH Tabalong, Fahrul Raji, mengaku akan terus berbenah agar serapan anggaran di tahun 2024 semakin maksimal.

Baca Juga  Waket Komisi 2 DPRD Dorong Petani Tabalong Tanam Bawang Merah

“Nah, jadi kita sampaikan bahwa memang ada beberapa usulan yang belum bisa kita akomodir di tahun 2023, tetapi nanti untuk tahun 2024 nanti kami akan lakukan verifikasi kembali dan apabila itu sesuai dengan aturan yang berlaku, mungkin itu nanti akan kami ajukan kembali untuk usulan kegiatan,” kata Fahrul Raji, Kepala DKPPTPH Tabalong.

Diketahui, di tahun 2024 alokasi anggaran DKPPTPH Tabalong meningkat dibanding tahun sebelumnya, yaitu dari 58 milyar rupiah menjadi 61 milyar rupiah.

(Gazali Rahman/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment