Home Tabalong Hari IniKemasyarakatan Gelar Lomba Memancing di Sungai Tabalong, Pemdes Wayau Bawa Semangat Kelestarian Alam

Gelar Lomba Memancing di Sungai Tabalong, Pemdes Wayau Bawa Semangat Kelestarian Alam

by Muhammad Rais
0 comment

Selain Kontes Burung Berkicau, Lomba Memancing juga Diadakan di Desa Wayau. Lomba Memancing yang Diadakan Kedua Kalinya Ini Menyasar Ikan Sanggang, dengan Diikuti Ratusan Pemancing.

Beginilah Suasana Lomba Memancing Ikan yang Digelar pada Minggu, 13 Agustus 2023, di Bantaran Sungai Tabalong, tepatnya di Lok Tarap, Desa Wayau RT 3, Kecamatan Tanjung. Lomba Memancing Ini Berlangsung Selama Dua Jam, dari Jam 4 Sore sampai dengan Jam 6 Sore, dengan Syarat Memperoleh Jenis Ikan Sanggang.

Ketua Panitia Lomba Memancing Ikan, Saphan, yang Ditemui Usai Penyerahan Hadiah Lomba, Menjelaskan Lomba Ini Memperbutkan Tiga Trofi, yaitu Juara Umum Berdasarkan Berat Ikan, Juara Favorit Berdasarkan Jumlah Ikan, dan Juara Harapan untuk Ikan Terberat Kedua.

Namun dikarenakan hanya satu pemancing yang memperoleh ikan Sanggang, maka trofi Juara Umum dan Favorit diborong olehnya. Pemancing ini berhasil memperoleh satu ekor ikan Sanggang, dengan berat mencapai 1 kilogram 1 ons.

“Kalo favorit itu ikannya yang banyak, karena tadi kan yang naik cuma 1. Langsung kita kasih sekaligus juara favorit. Juara favorit berdasarkan banyak, juara 1 berdasarkan berat.” ujar Saphan, Ketua Panitia Lomba Memancing Ikan.

Kepala Desa Wayau, Masrani, yang Ditemui Malam Harinya, Mengatakan, Selain untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, melalui lomba memancing, pihaknya ingin mempersatukan dan menyalurkan hobi pemancing se-Talong. Serta mengangkat aspek kelestarian alam dan lingkungan, guna menjaga kestabilan ekosistem bantaran Sungai Tabalong.

Baca Juga  Kampanyekan Gemarikan, Jurni Gelar Lomba Memancing

“Ingin kita sampaikan kepada masyarakat luas bahwa Sungai Tabalong itu memiliki potensi yang sangat besar, khususnya dari segi ikan, karena ikan itu asli sungai bukan dari kolam, dan juga sehat-sehat.” ujar Masrani, Kepala Desa Wayau.

Lomba Memancing Ikan Digelar Kedua Kalinya di Desa Wayau. Tahun Lalu Lomba Diadakan untuk Warga Lokal Wayau Saja, akan tetapi karena tingginya minat masyarakat lain, maka tahun ini dibuka se-Kabupaten Tabalong. Hal ini terbukti dari antusias peserta mencapai 120 orang.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment