Home Tabalong Hari Ini RS Pertamina Tanjung Luncurkan Layanan CT-Scan Pertama di Tabalong

RS Pertamina Tanjung Luncurkan Layanan CT-Scan Pertama di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Rumah Sakit Pertamina Tanjung resmi meluncurkan layanan CT-Scan, layanan kesehatan pertama di Kabupaten Tabalong. Ini dihadirkan sebagai wujud pelayanan prima dari RS Pertamina untuk masyarakat.

Launching pelayanan kesehatan CT-Scan ditandai dengan pemotongan pita oleh Direktur Rumah Sakit Pertamina Tanjung, Dokter Jasril Hardiyanto, bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Taufiqurrahman Hamdie, pada Senin, 13 November 2023, di ruang CT-Scan RS Pertamina Tanjung.

Saat diwawancarai usai kegiatan launching, Direktur RSPT Tanjung, Dokter Jasril Hardiyanto, mengatakan penambahan layanan CT Scan merupakan komitmen pihaknya dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Selama ini, jika pemeriksaan memerlukan CT-Scan, pasien harus dirujuk ke rumah sakit lain.

“Selama ini, contohnya, saat ini Kabupaten Tabalong memiliki penyakit terbanyak, yaitu jantung dan stroke. Pasien stroke sebelum ada CT-Scan di sini, kita harus merujuk ke Kandangan atau bahkan ke Banjarmasin. Dengan hadirnya CT-Scan di Rumah Sakit Pertamina Tanjung, ini akan menambah layanan kesehatan untuk masyarakat Tabalong pada khususnya, dan umumnya untuk masyarakat di sekitar kabupaten. Baik itu di Balangan, atau kabupaten yang ada di sekitar provinsi Kalimantan Tengah maupun Kalimantan Timur.” ujar dr. Jasril Hardiyanto, Direktur RS Pertamina Tanjung.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, Taufiqurrahman Hamdie, menilai keberadaan layanan kesehatan CT-Scan sangat penting dalam hal diagnosa dan percepatan pelayanan. Dengan layanan cepat dan diagnosa yang tepat, tingkat keselamatan pasien dapat meningkat.

Baca Juga  Talkshow HUT 51 B-Post, Bupati Anang Bahas Soal Kemandirian UMKM

“Dengan adanya keberadaan alat CT-Scan ini semakin memudahkan kita dalam hal diagnosis, terutama dalam hal percepatan pelayanan. Karena kadang-kadang pengobatan itu tergantung bagaimana cepatnya terdiagnosa suatu penyakit. Nah, dengan adanya bantuan CT Scan ini, kita berharap kegawatdaruratan itu bisa segera teratasi begitu. Dan ini akan mengurangi risiko kematian.” ujar Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Layanan kesehatan CT Scan RS Pertamina ditujukan untuk bedah dalam, saraf, dan neuorulogi. Layanan ini tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat melalui layanan umum, namun juga dapat dinikmati melalui layanan BPJS Kesehatan.

Tarif untuk layanan CT-Scan ini berkisar antara 1,1 juta hingga kurang lebih 1,5 juta rupiah untuk non kontras, serta 1,8 juta untuk CT Scan kontras.

Layanan kesehatan CT-Scan ini merupakan pemeriksaan yang memanfaatkan teknologi komputer khusus dan sinar-X untuk melihat jaringan dan struktur di dalam tubuh melalui berbagai sudut.

Dibandingkan dengan rontgen biasa, gambar yang dihasilkan oleh CT Scan akan lebih detail, memudahkan petugas kesehatan dalam mendiagnosa penyakit yang ada.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment