Home Tabalong Hari Ini Lewat Kader Posyandu, Dinkes Dorong Pemanfaatan Buku KIA

Lewat Kader Posyandu, Dinkes Dorong Pemanfaatan Buku KIA

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong menggelar sosialisasi mengenai revisi buku KIA tahun 2023 pada Rabu, 28 Februari 2024, di Gedung Informasi Tanjung. Sosialisasi ini menyasar para kader Posyandu se Kabupaten Tabalong.

Sebanyak 110 orang kader Posyandu se Kabupaten Tabalong mengikuti sosialisasi mengenai revisi buku Kesehatan Ibu dan Anak atau KIA tahun 2023 yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Catur Yudha Murtopo, mengatakan bahwa pada sosialisasi ini para kader diberikan pengetahuan, pemahaman, atau keterampilan mengenai pembaharuan atau penyesuaian baru yang ada di dalam buku KIA tahun 2023.

Melalui sosialisasi ini, Yudha berharap para kader dapat mensosialisasikannya lagi kepada masyarakat terutama para ibu.

“Kami memastikan bahwa kalau kegiatan ini kader Posyandu memahami dulu tentang buku KIA sehingga nanti mereka dapat mensosialisasikan lagi ke masyarakat dan juga bisa memastikan nanti orang tua dan juga keluarga ibu khususnya bisa menggunakan buku KIA dengan baik, dan juga selain informasi-informasi nya dapat dipahami oleh keluarga tapi pengisian nya sendiri ada item-item yang harus diisi oleh kader, guru tenaga pengajar PAUD juga, oleh orang tua, oleh tenaga kesehatan bisa terisi dengan baik,” kata Catur Yudha Murtopo, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Tabalong.

Yudha menambahkan, buku KIA sendiri digunakan dari ibu hamil sampai anak berusia 6 tahun. Sehingga buku KIA penting dimiliki setiap ibu karena digunakan sebagai media pencatatan dan pemantauan perkembangan kesehatan sejak ibu hamil sampai anak berusia 6 tahun.

Baca Juga  Budidaya Cabai Tiung Tanjung Kelompok Tani Tunas Baru Diapresiasi

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment