Home Tabalong Hari Ini Melalui Inovasi KURABA, Posyandu Garuda 1 Mampu Tingkatkan Layanan

Melalui Inovasi KURABA, Posyandu Garuda 1 Mampu Tingkatkan Layanan

by Muhammad Rais
0 comment

Ketua Posyandu Garuda Satu Kelurahan Belimbing Raya Kecamatan Murung Pudak optimis mendapat hasil terbaik dalam penilaian lomba Posyandu tingkat Kabupaten Tabalong tahun 2024. Pasalnya, berkat inovasi yang dijalankan, cakupan kerja Posyandu berhasil ditingkatkan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Posyandu Garuda Satu Kelurahan Belimbing Raya, Rini Widya Astuti, disela penilaian lomba Posyandu pada Selasa, 27 Februari 2024.

Rini mengaku optimis Posyandu Garuda Satu akan mendapat hasil terbaik dalam lomba Posyandu tahun ini, terlebih saat ini pihaknya telah menghadirkan inovasi KURABA atau Kunjungan Rumah Balita.

Melalui inovasi tersebut, Posyandu Garuda Satu yang memiliki 10 kader saat ini mampu menjangkau 175 balita dan 4 ibu hamil.

“Inovasi saya yaitu KURABA kunjungan rumah balita yang tidak pernah hadir ke Posyandu selama berapa bulan karena dengan alasan malu karena anaknya timbangannya tidak naik-naik. Jadi selama kami KURABA itu cakupan kerja kami biasanya kehadiran cuma 20 persen jadi bertambah jadi 80 persen,” ungkap Rini Widya Astuti, Ketua Posyandu Garuda 1 Kelurahan Belimbing Raya.

Sementara itu, Camat Murung Pudak, Abdul Wahid, juga mengaku sangat optimis Posyandu Garuda Satu Kelurahan Belimbing Raya dapat menghasilkan penilaian terbaik. Pasalnya, selain memiliki inovasi yang tepat, Posyandu Garuda Satu juga memiliki kader-kader yang kompeten.

“Inovasi-inovasi yang mereka lakukan usaha kesehatan berbasis masyarakat Posyandu Garuda Satu itu lumayan sangat mumpuni kalau kami nilai seperti itu, terutama dari kader unggulannya yaitu Ibu Rini Widya Astuti. Nah, beliau ini sangat menguasai berkenaan dengan usaha-usaha kesehatan berbasis masyarakat, terutama untuk penanganan masalah gizi, masalah pengukuran, dan penimbangan bayi atau balita dalam setiap kegiatan Posyandu,” ujar Abdul Wahid, Camat Murung Pudak.

Baca Juga  Berada di Posisi 2 Tertinggi se-Kalsel, Dispersip Terus Tingkatkan IPLM

Abdul Wahid menambahkan, sebelum menetapkan Posyandu Garuda Satu sebagai perwakilan Kecamatan Murung Pudak, pihaknya telah melakukan beberapa penilaian dari beberapa Posyandu melalui tim Kecamatan, Puskesmas, dan kader Pembangunan Manusia.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment