BKKBN Kalsel Tinjau Pemasangan KB Implant Gratis di Tabalong 

by tabalong hari ini
0 comment

BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan meninjau pelaksanaan pelayanan pemasangan KB implant gratis di Kabupaten Tabalong. Dalam tinjauan ini, BKKBN mengapresiasi antusias Warga Tabalong untuk memasang KB implant.

Kepala perwakilan badan kependudukan dan keluarga berencana nasional provinsi Kalimantan Selatan beserta jajaran, mengunjungi Kabupaten Tabalong tepat nya di balai penyuluhan KB Kecamatan Murung Pudak Kamis 19 Januari 2023.

Kunjungan tersebut dalam rangka memantau pelaksanaan pelayanan pemasangan KB implant gratis bagi pasangan usia subur, dengan kategori usia dari 15 sampai 49 tahun d Tabalong.

Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, Ramlan saat diwawancarai mengatakan, program ini merupakan program serentak yang dilakukan diseluruh Indonesia, yang dilaksanakan dari tanggal 17 sampai 19 Januari 2023.

Ramlan menuturkan, meskipun pemasangan implant di Kabupaten Tabalong tidak ditargetkan, namun berdasarkan hasil tinjauan yang ia lakukan, para pasangan usia subur di Tabalong terlihat antusias mengikuti pemasangan implant.

“Untuk Kabupaten Tabalong kami sebenar nya tidak menargetkan tapi sebanyak banyak nya lah agar bisa dilayani masyarakat dalam rangka pelayanan di awal tahun 2023 ini”

Sementara itu sekretaris DP3AP2KB Kabupaten Tabalong Zainal Hasan, yang turut mendampingi rombongan , mengatakan pada program ini sebanyak 5 kecamatan menjadi sasaran pelayanan implant gratis dari BKKBN Kalsel , yakni di Kecamatan Murung Pudak, Tanta, Tanjung, Pugaan, dan Upau, yang menyasar ratusan akseptor dengan prioritas pemasangan implant satu batang untuk akseptor baru.

“Sasaran nya untuk pemasangan implant satu batang ini disana untuk akseptor baru atau yang baru melahirkan jadi khusus karena implant satu batang ini terbatas jadi di prioritaskan untuk akseptor baru dan baru melahirkan” ujarnya.

Sekedar diketahui, KB implant merupakan salah satu alat kontrasepsi untuk mencegah terjadi nya kehamilan dengan efektivitas mencapai 99 persen. KB implant termasuk di dalam metode kontrasepsi jangka panjang atau MKJP, dengan cara pemasangan nya dimasukkan ke bawah kulit lengan atas, dengan jangka waktu pemakaian yang dapat bertahan minimal 3 tahun.

Nova Arianti, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment