Home Tabalong Hari Ini 232 Anak Yatim di Tabalong Terima Bansos Rp. 800 Ribu

232 Anak Yatim di Tabalong Terima Bansos Rp. 800 Ribu

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menyalurkan bantuan sosial Asistensi Yatim Piatu atau YAPI yang bersumber dari APBN. Bantuan YAPI ini menyasar ratusan anak yatim di Tabalong.

Bantuan sosial Asistensi Yatim Piatu atau YAPI tahap pertama diserahkan secara simbolis oleh Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, kepada penerima manfaat pada Rabu, 17 April 2024, di lobby Bank Mandiri Cabang Tanjung.

Bantuan yang bersumber dari dana APBN tersebut menyasar 232 anak yatim yang tersebar di 12 kecamatan yang ada di Tabalong.

Setiap anak yatim akan menerima bantuan berupa uang sebesar 200 ribu rupiah per bulan yang dibayarkan sekali lipat selama 4 bulan untuk periode Januari hingga April 2024.

Kepala Dinas Sosial Tabalong, Rusmadi, mengatakan bahwa bansos tersebut disalurkan melalui rekening Bank Mandiri dan harus segera dicairkan oleh para penerima, yang mana sebelumnya para penerima telah dilakukan verifikasi oleh pemerintah pusat.

“Selama 3 hari ini diterima oleh anak-anak yatim piatu sebanyak 232 orang, menang dari jumlah ini hasil verifikasi. Sebenarnya kalau kita melihat data yatim piatu di panti asuhan maupun non-panti itu jumlahnya ada 500 an, jadi kemungkinan ke depan jumlah ini akan bertambah, ini tergantung dari pihak lembaga atau individu yang mengusulkan, barangkali kalau disetujui kemungkinan jumlah yang 232 tadi akan bertambah,” ungkap Rusmadi.

Baca Juga  Lantik Pengurus Harian PGRI, Erwan Harap PGRI Beri Dampak Bagi Kemajuan Guru

Sementara itu, Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawwarah, mengharapkan agar bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat bermanfaat bagi para penerima.

“Kami berharap bantuan pemerintah ini, baik itu dari pusat maupun dari APBD, akan bermanfaat bagi yang menerima. Kalau untuk penggunaan tidak ada ketentuan khusus,” kata Hamida Munawwarah.

Selain menyerahkan bansos Asistensi YAPI, dalam kesempatan ini juga diserahkan bansos APBN lainnya secara simbolis, yaitu bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) periode Maret-April dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) periode Februari-Maret.

Adapun bantuan PKH diberikan kepada 5.186 keluarga penerima manfaat dengan besaran bantuan 300 ribu rupiah per bulan, sedangkan BPNT diberikan kepada 8.892 keluarga penerima manfaat dengan besaran 400 ribu rupiah per bulan.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment