Home Tabalong Hari Ini 99 Siswa Kelas 6 SDIT An-Nahl Ikuti Manasik Haji

99 Siswa Kelas 6 SDIT An-Nahl Ikuti Manasik Haji

by Muhammad Rais
0 comment

Puluhan siswa kelas enam SDIT An-Nahl Tabalong mengikuti kegiatan praktik manasik haji pada Selasa, 8 Agustus 2023, di Islamic Center Mabuun. Kegiatan ini digelar agar siswa dapat memahami rukun Islam yang kelima.

Sebanyak 99 siswa kelas enam SDIT An-Nahl Tabalong mengikuti praktik manasik haji. Praktik manasik haji ini menghadirkan Ustad Hanafi selaku pembimbing kegiatan manasik.

Seluruh rangkaian haji dilakukan para siswa, mulai dari menggunakan pakaian ihram, membaca niat, wukuf, mabit, sa’i, melempar jumrah, hingga tawaf.

Kegiatan praktik manasik haji ini pun dilakukan semirip mungkin dengan pelaksanaan ibadah haji, agar para siswa dapat memiliki pengetahuan dan pengalaman ketika menjalani ibadah haji.

Kepala SDIT An-Nahl Tabalong, Fathur Rahman, menuturkan bahwa kegiatan manasik haji merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh SDIT An-Nahl Tabalong. Kegiatan ini pun sejalan dengan visi misi sekolah untuk menjadikan anak lebih agamis.

“Kita juga mengharapkan kepada anak-anak kemarin, untuk yang laki-lakinya, usahakan menggunakan ihram, tapi kita tidak memaksakan. Kalau memang tidak ada, gunakan saja baju gamis putih seperti suasana di kota Mekkah. Kami harapkan sebenarnya pengen anak-anak semua menggunakan kain ihram, cuman bedanya disini menggunakan kain berjahit, tapi sudah disampaikan juga tadi kalau pelaksanaan ibadah haji itu menggunakan kain ihram untuk yang laki-lakinya memang tidak menggunakan yang berjahitlah,” ungkap Fathur Rahman, Kepsek SDIT An-Nahl Tabalong.

Baca Juga  Banyak Pajang Reklame Jelang Pemilu, Parpol & Bacaleg Belum Ada Laporkan Pembayaran Pajak Reklame

Dengan adanya kegiatan praktik manasik haji ini, diharapkan siswa SDIT An-Nahl mampu memahami seluruh rukun haji sehingga ke depan para siswa semakin termotivasi untuk berangkat ke Tanah Suci.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment