Home Editor's Picks Bulan Juni 2023, Kota Tanjung Inflasi Terendah

Bulan Juni 2023, Kota Tanjung Inflasi Terendah

by tabalong hari ini
0 comment

Pada bulan Juni 2023, Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, mengalami inflasi year on year sebesar 2,38 persen. Angka tersebut mengalami penurunan sebesar 1,26 persen dibanding bulan Mei lalu.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabalong, pada bulan Juni 2023, Kota Tanjung mengalami inflasi year on year sebesar 2,38 persen, atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 113,80 pada Juni 2022 menjadi 116,54 pada Juni 2023. Sedangkan tingkat deflasi month to month sebesar 0,38 persen.

Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran, seperti beras, tarif air minum PAM, rokok kretek filter, bensin, tarif kendaraan travel, emas perhiasan, angkutan antar kota, mie kering instant, bawang putih, dan bahan bakar rumah tangga.

Sedangkan komoditas yang memberikan andil deflasi year on year yaitu daging ayam ras, minyak goreng, cabai rawit, bawang merah, tomat, cabai merah, kacang panjang, ikan baung, tempe, dan ikan layang atau ikan benggol.

Dari 12 kota IHK di Pulau Kalimantan, semuanya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kotabaru sebesar 5,04 persen dengan IHK sebesar 122,24, dan inflasi terendah terjadi di Tanjung sebesar 2,38 persen dengan IHK sebesar 116,54.

Angka inflasi ini juga membuat Tabalong berada di posisi ke-6 kabupaten/kota dengan inflasi terendah se-Indonesia.

Baca Juga  Bupati Anang Ingatkan Ketua RT Soal Peluang IKN

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment