Pendataan Regsosek Dimulai, Bupati Anang Minta Warga Terima Petugas BPS

by tabalong hari ini
0 comment

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tabalong, mendatangi kediaman Bupati Tabalong di Komplek Pendopo Bersinar Pembataan, untuk melakukan pendataan registrasi sosial ekonomi atau Regsosek, pada 17 Oktober 2022. Pendataan Regsosek adalah pengumpulan data seluruh penduduk yang terdiri dari profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan, yang dimulai pada tanggal 15 Oktober sampai 14 November 2022.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani pun mengimbau masyarakat Tabalong untuk dapat menerima petugas BPS, dengan memberikan informasi yang benar dan jujur. Pasalnya Regsosek merupakan upaya pemerintah pusat untuk membangun data kependudukan tunggal atau satu data, sehingga nantinya data dapat digunakan untuk berbagai program secara terintegrasi, tidak tumpang tindih dan lebih efisien.

“Kami mengajak kita semua untuk menerima kedatangan petugas dengan baik serta memberikan data dan informasi yang benar dan jujur. Data yang dikumpul melalui kegiatan Regsosek ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perencanaan pembangunan yang lebih baik,” tutur Bupati Anang.

Kepala Badan Pusat Statistik Tabalong, Sigit Purnomo mengatakan, petugas Regsosek akan mendatangi rumah seluruh masyarakat Kabupaten Tabalong, untuk dilakukan pendataan. Masyarakat pun diminta untuk menyiapkan data kependudukan mereka, dan masyarakat akan diwawancarai langsung oleh petugas, mengenai kondisi sosial ekonomi termasuk kesejahteraan masyarakat.

“Jadi masyarakat hanya menyiapkan identitas kependudukan yang dimiliki nya nanti petugas kami akan melakukan wawancara langsung kepada petugas bukan menyalin dari identitas kependudukan tersebut,” kata Sigit Purnomo.

Sigit menambahkan, pada pendataan Regsosek, pihaknya menurunkan 449 orang petugas, yang terdiri dari 344 orang petugas pendataan lapangan, 88 orang pengawas lapangan, dan 17 orang koordinator kecamatan, yang tersebar diseluruh kelurahan dan desa di Tabalong.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment