Tabulampot Solusi Bercocok Tanam Dilahan Sempit

by tabalong hari ini
0 comment

Inilah kebun buah milik pak Muardi warga Suka Maju Kelurahan Mabuun Kecamatan Murung Pudak. Pekarangan rumahnya yang sempit, ditanam dengan berbagai jenis tanaman buah, dengan metode Tabulampot atau tanam buah dalam pot.

Metode tanam ini memang paling tepat untuk budidaya tanaman buah di lahan sempit. Selain Tabulampot, Muardi juga melakukan okulasi pada tanaman buahnya. Sehingga dalam satu pohon ia bisa mendapatkan satu macam buah dengan beragam jenis.

“Satu lahannya biar sempit bisa kita gunakan semaksimal mungkin, yang kedua dalam satu batang yang biasanya kita menanam tiap pot itu satu satu, satu pot lima macam bisa. Coba bayangkan satu pohon itu ditanam dalam satu pot, kan kalau lima pohon memerlukan lima potnya. Nah sekarang satu batang dimasukan lima macam jenisnya, kan cuma satu pot, nah kalau 20 macam itu cuman memerlukan 4 pot, lahan 4 kali 4 pun mampu sebenarnya,” jelasnya.

Hobi menanam pohon buah dengan metode Tabulampot ini sudah dijalani Muardi dalam 3 tahun terakhir. Dengan lahan pekarangan di belakang rumahnya ini, Muardi menanam 20 macam jambu air. Ia juga menanam durian, lengkeng, mangga, alpukat, hingga jeruk.

Dano Nafarin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment