Kawasan Bebas Jentik Efektif Tekan Kasus DBD di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Program lomba kawasan bebas jentik Dinas Kesehatan Tabalong terus dilakukan di kawasan perkotaan dan pedesaan yang masuk kategori endemis, sporadis maupun potensial DBD.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie, saat ditemui Kamis 29 September 2022.

Menurut Taufik melalui program tersebut dinilai tepat dan efektif dalam mengatasi DBD. Pasalnya dari delapan kasus DBD yang terjadi saat ini, pihaknya mencatat kasus tersebut terjadi di luar kawasan bebas jentik atau daerah yang tidak mengikuti lomba kawasan bebas jentik.

“Jadi terbukti bahwa kawasan bebas jentik ini sangat efektif nah kasus-kasus yang baru ini kebetulan mereka tidak mengikuti kawasan bebas jentik dan terjadilah kasus DBD di tahun ini. Tapi ya Alhamdulillah selama beberapa tahun ini tidak ada kematian artinya walaupun dia dirawat di rumah sakit dia bisa sembuh seperti sedia kala,” tutur Taufiq.

Taufik turut mengimbau seluruh masyarakat agar tidak menyepelekan tindakan pembersihan jentik di rumah maupun lingkungan. Selain itu dirinya juga mengingatkan agar pasien yang terindikasi DBD untuk segera dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mengatasi masa kritis yang kerap kali dapat memakan korban.

Sekedar diketahui, Tahun 2022 Dinas Kesehatan Tabalong kembali menggelar program lomba kawasan bebas jentik yang dilakukan di 46 lokasi yang tersebar di 12 kecamatan.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment