Penanganan Sanitasi Masuk Dalam RPJMD Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Program sanitasi total berbasis masyarakat, menjadi salah satu prioritas pemerintah Kabupaten Tabalong, dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Dalam menjalankan program ini Pemkab Tabalong turut melibatkan masyarakat, melalui pendekaran dan pemberdayaan. Sehingga program STBM saat ini dijalankan dari lingkup desa dan puskesmas, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan pengembangan Tabalong, Muhammad Noor Rifani mengatakan, penanganan sanitasi telah dimasukan dalam RPJMD Kabupaten Tabalong, sesuai dengan visi misi kepala daerah. Dalam mendukung program STBM, pemerintah daerah juga telah mengganggarkan program pembangunan senilai 40 milyar, yakni untuk pembangunan di sektor air minum, penanganan air limbah, persampahan dan hibah air minum.

“Jadi dalam RPJMD Kabupaten Tabalong itu pak Bupati melalui visi-misi beliau untuk mewujudkan Kabupaten Tabalong lebih agamis sejahtera dan mandiri maka di jabarkan melalui misi yaitu mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera dari situlah maka kita juga Pemerintah Kabupaten melalui program-program kegiatan melalui beberapa stake holder atau SKPD meng-anggarkan program-program kegiatan yang mendukung kegiatan 5 pilar ini” tuturnya.

Rifani menambahkan program ini juga berdampak pada perbaikan sistem perekonomian dan kesehatan masyarakat Tabalong. Dengan semakin baiknya sanitasi total berbasis masyarakat maka dapat memberikan dampak positif seperti menurunnya angka penyakit menular, semakin meningkatnya kualitas lingkungan, penurunan stunting dan lain sebagainya.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment