Home Editor's Picks Antisipasi Pesawat Delay, Penyambutan Jamaah Haji ke Tabalong Diundur

Antisipasi Pesawat Delay, Penyambutan Jamaah Haji ke Tabalong Diundur

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong dan Kantor Kementerian Agama Tabalong memutuskan penyambutan kedatangan jamaah haji Tabalong ke Bumi Sarabakawa ditunda satu malam. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi pesawat kepulangan jamaah haji mengalami delay.

Kepala Kantor Kementerian Agama Tabalong, Sahidul Bakhri, yang ditemui pada Senin 10 Juli 2023 di ruang kerjanya, menginformasikan penyambutan kedatangan jamaah haji Tabalong yang sebelumnya dijadwalkan pada Selasa malam 11 Juli 2023 pukul 19.30, ditunda keesokan harinya pukul 7 pagi di halaman DPRD Tabalong, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Keputusan ini diambil pihak Kementerian Agama Tabalong, Pemkab Tabalong, dan stakeholder terkait sebagai bentuk antisipasi pesawat kepulangan jamaah haji mengalami delay.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan PPIH Provinsi Kalimantan Selatan, beberapa kloter kepulangan embarkasi provinsi lain mengalami delay hingga 2 jam. Apabila tetap dengan jadwal awal, maka jamaah haji diperkirakan tiba di Tabalong pada tengah malam.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal ini, jamaah haji akan diinapkan sebentar di Asrama Haji Banjarbaru, lalu berangkat ke Bumi Sarabakawa pada pukul 1 dinihari. Kemudian jamaah melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjid Al Akbar Balangan dan diperkirakan tiba di Tabalong pukul 7 pagi.

“Mengingat karena kita mengkhawatirkan kalau-kalau terjadinya delay tadi. Jadi apapun yang terjadi, delay atau tidak delay tetap kita laksanakan pada pagi. Jadi kita berangkatnya nanti dari Banjarmasin jam 1 subuh, insya Allah. Kita berkaca dari beberapa kloter-kloter embarkasi lain, misalnya dari Surabaya, Jakarta, dsb, kita melihat itu,” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kantor Kementerian Agama Tabalong.

Baca Juga  Pemkab Targetkan 19 Desa Berstatus Mandiri di Tahun 2024

Kepulangan rombongan pertama jamaah haji Tabalong ini termasuk dalam kloter 2 debarkasi Banjarmasin. Total jamaah haji kloter 2 debarkasi Banjarmasin sebanyak 328 orang, terdiri dari 322 jamaah haji Tabalong, 1 pendamping haji daerah, dan 5 petugas haji.

Jamaah haji kloter 2 dijadwalkan terbang dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada pukul 16.20 waktu Arab Saudi, menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, dan diperkirakan tiba pada pukul 10.45 WITA. Jamaah haji berangkat menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-8202.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment