Home Tabalong Hari IniKesehatan Musim Kemarau, Waspada Sakit Mata pada Anak

Musim Kemarau, Waspada Sakit Mata pada Anak

by Muhammad Rais
0 comment

Kepala Puskesmas Hikun, Kecamatan Tanjung, Dokter Novian Eka Hariadi, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penyakit mata konjungtivitis atau peradangan pada mata, khususnya pada anak-anak yang biasa menyerang saat musim panas atau kemarau saat ini.

Dijelaskan oleh Dokter Novian Eka Hariadi bahwa musim kemarau membuat bakteri atau virus cepat berkembang biak, sehingga banyak sekali muncul penyakit infeksi, salah satunya yang menyebabkan peradangan pada mata.

Secara umum, konjungtivitis atau peradangan pada mata disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Virus atau bakteri tersebut dapat menular melalui kontak langsung antara tangan dengan mata.

Untuk menghindari penyakit tersebut, Dokter Novian Eka Hariadi meminta para orang tua untuk selalu menjaga kebersihan anak dan lingkungannya.

“Jangan sampai lupa cuci tangan, nah cuci tangan sebelum kita ingin menggendong ataupun memegang anak balita kita. Saat ini memang sedang musim kemarau jadi sangat rentan sekali bakteri atau virus tersebut bertebaran di luar sana,” ujar dr. Novian Eka Hariadi, Kepala Puskesmas Hikun.

Dokter Novian Eka Hariadi menambahkan bahwa pertolongan pertama sakit mata pada anak dapat dilakukan dengan mengompres mata menggunakan kasa steril yang telah dicelupkan ke air hangat.

Jika terjadi radang atau sakit mata yang tidak kunjung sembuh dalam jangka waktu 1 sampai 3 hari, dirinya meminta agar orang tua segera membawa anak ke layanan kesehatan terdekat.

Baca Juga  Puncak Hari Jadi Ke-58 Kabupaten Tabalong Resmi Diundur

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Related Articles

Leave a Comment