Home Tabalong Hari Ini Pemkab Tabalong Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Musim Penghujan

Pemkab Tabalong Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Musim Penghujan

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menggelar Apel Kesiapsiagaan personil dan peralatan menghadapi banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor pada Senin, 4 Desember 2023, di teras Taman Giat Kota Tanjung.

Apel Kesiapsiagaan personil dan peralatan menghadapi banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor diikuti ratusan petugas yang terdiri dari jajaran BPBD Tabalong, TNI-POLRI, camat, kepala desa, lurah, dan unit penanggulangan bencana swadaya.

Apel ini turut dihadiri Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, Dandim 1008 Tabalong Letkol Czi Catur Witanto, Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian, dan Sekretaris Daerah Tabalong Hamida Munawarah.

Dalam sambutannya, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengajak seluruh pihak untuk terus meningkatkan koordinasi, sinergi, kerjasama, kolaborasi, dan partisipasi aktif dalam upaya pencegahan dan penanganan bencana di Kabupaten Tabalong.

“Melalui kegiatan ini, mari kita tingkatkan koordinasi, sinergi, antar berbagai institusi dan pemangku kepentingan, baik dari unsur pemerintah, TNI-Polri, badan usaha, organisasi kemasyarakatan hingga para relawan. Saya menekankan pentingnya partisipasi aktif, kerjasama, dan kolaborasi dari semua pihak dalam upaya pencegahan kesiapsiagaan dan penanganan bencana di Kabupaten Tabalong.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Anang juga menilai bahwa apel ini merupakan bagian penting dari langkah antisipatif dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana alam.

Baca Juga  Pengibaran Bendera Sukses Digelar, Paskibra Tabalong Bakal Terima Reward

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Tabalong telah menerbitkan surat penetapan status siaga darurat bencana terkait antisipasi dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana di Kabupaten Tabalong pada akhir tahun 2023 hingga awal tahun 2024.

Penetapan status siaga bencana ini seiring dengan data yang dikeluarkan dari BMKG, bahwa puncak musim hujan di Kalimantan Selatan diperkirakan akan terjadi pada bulan Januari 2024 mendatang. Sementara awal musim hujan terjadi mulai awal November tahun 2023.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment