Home Tabalong Hari Ini Jadi Kabupaten Terinovatif Se-Indonesia, Tabalong Kembali Raih IGA 2023

Jadi Kabupaten Terinovatif Se-Indonesia, Tabalong Kembali Raih IGA 2023

by Muhammad Rais
0 comment

Di penghujung tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Tabalong kembali menorehkan prestasi. Kali ini, Tabalong berhasil meraih Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Penghargaan IGA 2023 kategori Kabupaten Terinovatif se-Indonesia diterima langsung oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dari Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, pada Selasa, 12 Desember 2023, di Kantor Kementerian Dalam Negeri Jakarta.

Saat diwawancara, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengaku sangat bersyukur atas diraihnya IGA Award 2023. Terlebih, tidak hanya sebagai Kabupaten Terinovatif se-Indonesia, Tabalong juga berhasil menjadi Kabupaten dengan indeks inovasi tertinggi di wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Bupati Anang menyebut penghargaan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh organisasi perangkat daerah yang konsisten menjalankan program 1 Kegiatan 1 Inovasi.

“Nah, ini sebagai bukti kerja keras kita, terutama, dan tentu ini harus kita pertahankan di tahun yang akan datang. Daerah lain tentu akan berusaha merebut apa yang kita raih. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada BAPPEDALITBANG. Seluruh organisasi perangkat daerah, tahun depan kita mesti tambah lagi jumlah inovasinya, dan kita tetapkan tematiknya, sehingga kita bisa terus mempertahankan prestasi yang luar biasa ini,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Dalam ajang IGA Award 2023, Tabalong menghadirkan 175 inovasi dengan 2 inovasi unggulan, yakni Paliat Online atau Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Terpadu Online dan Julak Wasi atau ojek jual sayur ikan sembako kawal inflasi.

Baca Juga  Cabor Silat Jadi Fokus Tabalong Diajang Popda 2022

Berkat Paliat Online, proses perizinan semakin mudah, hal ini turut berimbas pada iklim investasi di Tabalong. Tercatat di tahun 2022 lalu, Tabalong berhasil merubah kiblat investasi di Kalimantan Selatan dengan mencatatkan realisasi penanaman modal dalam negeri tertinggi di Kalsel, sebesar 2,99 triliyun rupiah, dan penanaman modal asing sebesar 127 milyar rupiah. Sedangkan di tahun 2023, perkiraan realisasi investasi di Tabalong akan menembus angka 3 triliyun rupiah.

Melalui Julak Wasi, Tabalong berhasil mengendalikan angka inflasi sepanjang tahun 2022 dan 2023. Tabalong berhasil masuk dalam 10 kabupaten dengan angka inflasi terendah se-Indonesia dan berhak menerima dana insentif fiskal tahun 2023 periode 3 sebesar 9,4 milyar rupiah dari Kementerian Dalam Negeri RI.

Diketahui, IGA kategori Kabupaten Terinovatif se-Indonesia tahun ini merupakan penghargaan yang ketiga kalinya diterima Pemkab Tabalong, setelah sebelumnya berhasil meraih IGA tahun 2021 dengan peringkat 6 dan tahun 2022 dengan peringkat 4.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

You Might Be Interested In
Baca Juga  Job Fair Tabalong 2023 Disambut Antusias Pencari Kerja

Related Articles

Leave a Comment