Disbunnak Tabalong Targetkan Peremajaan 170 Hektar Kebun Karet

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk meningkatkan kualitas serta produktivitas pohon karet pada Tahun 2023, Disbunnak Tabalong kembali memprogramkan peremajaan pohon karet dengan sasaran 170 hektar. Jumlah bibit karet yang di sediakan disbunna tahun ini, sebanyak kurang lebih 71 ribu pohon.

Karet menjadi salah satu komoditas unggulan Tabalong sejak dahulu. Budidaya karet di Bumi Sarabakawa ini bahkan ada sejak jaman penjajahan belanda. Hingga saat ini, kebun karet masih menjadi ladang pendapatan sebagian besar masyarakat Tabalong.

Hal ini menjadikan karet sebagai prioritas Dinas Perkebunan dan Peternakan. Sehingga di Tahun 2023 ini, Disbunnak Tabalong kembali memyiapkan program peremajaan karet di kebun karet warga, yang mengalami penurunan produktivitas. Disbunnak tahun ini menyiapkan bantuan peremajaan karet bagi 170 hektar. Hingga saat ini Disbunnak Tabalong masih menampung usulan ara kelompok tani yang ingin menerima bantuan peremajaan pohon karet. Usulan dari para petani, akan diverifikasi oleh Disbunnak Tabalong, untuk menentukan kelayakan para penerima bantuan.

Kepala Bidang Sarana Disbunnak Tabalong, Suhadi menyampaikan, para penerima harus merupakan petani yang tergabung dalam kelompok tani di desanya masing-masing. Serta memiliki keaktifan dan mempunyai lahan karet untuk dilakukan peremajaan.

Seperti tahun sebelumnya, sebelum bibit karet diserahkan kepada para petani, pihak Disbunnak Tabalong akan memberikan sosialisasi dan arahan, untuk penanaman karet dengan menerapkan pola supradin.

“Karena supradin ini baru, baru sekitar  lima empat tahun, jadi sebelum kita ingin memberikan bantuan kita sosialisasi menanam pola supradin kemudian petani yang sudah aktif kami berikan sosialisasi terkait dengan bongkar bersih.” ujarnya.

Pola supradin sendiri merupakan penanaman karet yang menggunakan jarak tanam dengan lebar 18. Sengan pola tanam tersebut lahan tidak hanya dapat digunakan untuk pohon karet saja, namun juga dapat ditanami  berbagai tanaman lainnya, yang memiliki nilai ekonomi bagi para petani.

Maria ulfah, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment