Jaringan Internet Hadir Di Desa Terpencil Hegarmanah

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Dinas Komunikasi Informatika Tabalong melakukan instalasi jaringan internet di Desa Hegar Manah Kecamatan Bintang Ara pada 15 April 2022. Desa Hegarmanah sendiri merupakan salah satu dari 5 Desa Terisolir di Tabalong.

Pemasangan akses point internet dilakukan di tiga titik, yaitu di kantor pemerintahan desa, sekolah, serta di area fasilitas umum yang ada di desa ini. Dengan pemasangan ini, jaringan internet di desa Hegarmanah sudah dapat digunakan 100 persen.

Namun yang masih menjadi kendala saat ini adalah aliran listrik yang terbatas untuk operasional, karena masih mengandalkan panel surya. Akibatnya jam akses internet dibatasi, dan hanya dapat digunakan dari jam 9 pagi hingga jam 10 malam.

“sekarang sudah 100 persen kita bisa koneksikan di Hegarmanah, atau di rungun ini, untuk bisa mendapatkan akses internet yang kita kirimkan dari tanjung (untuk kapasitasnya berapa pak?) untuk kapasitasnya kita beri 20 mbps, kira kira cukup untuk ukuran desa hegarmanah ini” Kata M. Zainani, Kasi Layanan E-Government Diskominfo Tabalong.

Diskominfo Tabalong saat ini gencar memprioritaskan pemasangan internet bagi desa-desa yang belum tersentuh oleh provider telekomunikasi swasta. Sehingga pemerintah bisa berperan untuk melayani masyarakat di desa tertinggal melalui akses jaringan internet. (Muhammad Ariadi).

Related Articles

Leave a Comment