Home Editor's Picks Disbunnak Tabalong Optimis Kebutuhan Sapi untuk Kurban Terpenuhi

Disbunnak Tabalong Optimis Kebutuhan Sapi untuk Kurban Terpenuhi

by tabalong hari ini
0 comment

Kurang lebih 40 hari menjelang Idul Adha 1444 Hijriah, Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Tabalong optimis kebutuhan sapi kurban di Tabalong mencukupi. Pasalnya, sejumlah daerah pemasok sapi telah dinyatakan zona putih wabah penyakit kaki mulut.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Disbunnak Tabalong Soleh, saat ditemui di ruang kerjanya belum lama tadi.

Menurut Soleh, meski saat ini kasus PMK di Indonesia belum berakhir, namun ia memastikan bahwa kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Tabalong aman. Seluruh hewan kurban sudah di vaksin dan memilki surat kesehatan yang dikeluarkan berdasarkan prosedur yang berlaku, sehingga tidak ada lagi kendala pemasok untuk mendatangkan sapi ke Tabalong.

Berkaca dari tahun 2022 berdasarkan data Disbunnak Tabalong, kebutuhan akan hewan kurban di Tabalong khususnya sapi mencapai 914 ekor, dan di tahun 2023 ini Soleh memperkirakan total kebutuhan sapi kurban di Tabalong mencapai 1.170 ekor.

“Kalau untuk kesehatan hewan yang PMK kemarin sampai saat ini kita sudah di zona putih, tidak ada masalah lagi. Jadi kalau sapi datang dari luar ke kita itu memang sejak dulu harus masuk karantina, ada surat kesehatan dari asal sapi asal terus ada rekomendasi dari dinas provinsi yang berwenang mengeluarkan,” ujar Soleh, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Tabalong.

Dari data Disbunnak Tabalong hingga pekan kedua Mei 2023, ketersediaan sapi dan kambing kurban di tingkat penyedia mencapai 393 ekor, yang terdiri dari sapi 170 ekor dan kambing 223 ekor.

Baca Juga  Pemkab Tekankan Komitmen Seluruh Pihak Guna Dukung KLA

Sementara itu, berdasarkan rekap populasi ternak yang dirilis Disbunnak Tabalong per bulan Maret 2023, ternak sapi di Tabalong mencapai 3.435 ekor, yang terdiri dari jantan 1.369 ekor dan betina 2.066 ekor. Ternak kambing mencapai 2.350 ekor dan domba 113 ekor.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment