Home Tabalong Hari Ini Bentuk Kesiapsiagaan, Pemkab Serahkan Belasan Perahu ke UPBS dan TNI-Polri

Bentuk Kesiapsiagaan, Pemkab Serahkan Belasan Perahu ke UPBS dan TNI-Polri

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana saat musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Tabalong menyerahkan belasan perahu kepada sejumlah instansi. Penyerahan 15 buah perahu dilakukan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani usai Apel Kesiapsiagaan Bencana pada Senin, 4 Desember 2023, di teras Taman Giat Tanjung.

Perahu berukuran kecil diserahkan kepada 11 unit Penanggulangan Bencana Swadaya atau UPBS di wilayah rawan banjir, yakni UPBS New Repal, UPBS Rambu Wathas, UPBS Garuda, UPBS Belimbing Raya, UPBS Assyuhada, UPBS Bersama Wirang, UPBS Haruai, UPBS Rembakala, UPBS Rescue Muda 88, UPBS Nawin, dan UPBS Remak. Sementara 4 unit perahu berukuran besar masing-masing diserahkan untuk Polres Tabalong, Kodim 1008 Tabalong, UPBS Ujung Murung, dan Brimob Kompak 2 Batalyon Pelopor Tanjung.

Saat diwawancarai usai memimpin upacara Apel Kesiapsiagaan, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan bantuan perahu ini diberikan sebagai bentuk kesiapsiagaan petugas dalam menghadapi bencana alam, terutama banjir di wilayah Tabalong.

“Sebagaimana kita saksikan tadi, perahu karet ya, mudah-mudahan ini bisa membantu teman-teman kita di lapangan ya. Tapi tadi saya dengan Pak Kapolres dan Pak Dandim mengatakan, mudah-mudahan barang ini tidak kita pakai, tidak kita gunakan, tetapi ini kesiapsiagaan.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Tabalong menyampaikan bahwa untuk mendukung sarana yang ada, jajaran Polres Tabalong bersama sejumlah pihak terkait juga akan melaksanakan peningkatan sumber daya manusia melalui latihan penggunaan perahu dan latihan evakuasi di air.

Baca Juga  Tabalong Akan Miliki Alat Laparoskopi, MKJP MOW Lebih Mudah di Tabalong

“Cara dari Polres untuk mengantisipasi kita melakukan latihan, dan kita tadi mengobrol dengan Basarnas, dengan Kodim, juga akan melaksanakan latihan. Latihan cara penggunaan perahu dan evakuasi untuk tempat rencananya ada 2 di PT. CONCH dan di Marido. Intinya kami dari Polres, dari Pemda, dari Basarnas maupun dari Kodim sudah siap mengantisipasi adanya bencana.” kata AKBP Anib Bastian, Kapolres Tabalong.

Sementara itu, Dandim 1008 Tabalong, Letkol Czi Catur Witanto, mengungkapkan bahwa guna semakin memantapkan kesiapsiagaan menghadapi bencana, pihaknya juga telah melakukan pemetaan di daerah rawan banjir, khususnya di wilayah utara Kabupaten Tabalong. Sehingga diharapkan dengan persiapan yang matang, pihaknya sudah mengetahui rute dan situasi yang akan dilewati dalam proses evakuasi.

“Kami sendiri dari Kodim sudah memetakan wilayah yang sering terjadi banjir, khususnya bagian wilayah atas. Dan ini perlu kita antisipasi jauh-jauh hari. Harapannya nanti ketika terjadi bencana banjir, kita sudah tidak bingung lagi untuk menyiapkan segala sesuatunya. Apalagi ada bantuan dari Pemerintah Daerah kepada masing-masing instansi, termasuk kami di Kodim bisa membantu dalam pelaksanaan evakuasi, membantu masyarakat.” ungkap Letkol Czi Catur Witanto, Dandim 1008 Tabalong.

Catur berharap, dengan kesiapsiagaan ini, maka pencegahan dan penanggulangan bencana di Kabupaten Tabalong diharapkan semakin baik.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment