Home Tabalong Hari IniHaji Tabalong Ratusan Jamaah Haji Kabupaten Tabalong Ikuti Manasik Masal Kedua

Ratusan Jamaah Haji Kabupaten Tabalong Ikuti Manasik Masal Kedua

by tabalong hari ini
0 comment

Untuk Memantapkan Persiapan Jamaah Haji yang Akan Berangkat pada Tahun Ini, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong Menggelar Bimbingan Manasik Masal Kedua pada Senin, 22 Mei 2023. Manasik kedua ini fokus pada informasi rute perjalanan hingga tips menjaga kesehatan selama melaksanakan ibadah haji.

Bertempat di Masjid Al-Abrar Islamic Center Maburai Kecamatan Murung Pudak, Manasik Masal Kedua yang digelar Kemenag Tabalong diikuti ratusan jamaah haji.

Dalam manasik ini, para jemaah diberikan berbagai macam materi, mulai dari materi kesehatan, pembagian kluster, rute perjalanan, hingga penguatan rombongan jamaah haji.

Ditemui usai kegiatan Manasik Masal, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, Sahidul Bakhri, kembali mengimbau para jamaah haji yang sudah dipastikan berangkat untuk menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri sebaik mungkin, sehingga dapat mengikuti rangkaian ibadah haji dengan mudah.

“Ya jamaah kita harapkan supaya karena jamaah haji itu kan berat fisik, secara fisik secara mental harta juga. Karena itu jaga fisik sekarang ini dengan sebaik-baiknya. Apa yang menjadi prosedur terkait dengan kesehatan, bisa dilengkapi, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kenapa? Karena bagaimanapun istirahat kesehatan itu penting. Ketika mereka sehat, bisa berangkat sehingga mereka nanti mudah melaksanakan rangkaian haji dan rangkaian ibadah umrah di sana,” ujar Sahidul Bakhri, Kepala Kemenag Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Pemerintah Pusat Hentikan Anggaran Pengobatan Covid-19

Sahidul menambahkan bahwa hingga 22 Mei 2023, sebanyak 435 jamaah haji Tabalong direncanakan berangkat tahun ini. 433 jamaah telah dipastikan keberangkatannya, sedangkan 2 jamaah lainnya masuk dalam jamaah cadangan.

Para jamaah ini nantinya akan terbagi menjadi 2 kelompok terbang atau kluster embarkasi Banjarmasin, yaitu 323 jamaah masuk dalam kluster 2 yang diperkirakan berangkat pada 29 Mei 2023, dan 110 jamaah masuk dalam kluster 13 yang diperkirakan berangkat pada 14 Juni 2023.

Di tahun ini juga terdapat 4 orang lansia prioritas yang akan berangkat. Meski tidak ada pendampingan khusus, namun para lansia ini nantinya akan diprioritaskan dalam berbagai kegiatan selama pelaksanaan ibadah haji.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment