Home Tabalong Hari IniPertanian & Perkebunan 3 Inovasi Bawa BPP Kembang Kuning Jadi Nominasi BPP Berprestasi

3 Inovasi Bawa BPP Kembang Kuning Jadi Nominasi BPP Berprestasi

by tabalong hari ini
0 comment

Balai Penyuluhan Pertanian Kembang Kuning masuk dalam nominasi kategori BPP Berprestasi pada penghargaan bagi insan pertanian tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023. Ajang ini pun menjadi momen bagi BPP Kembang Kuning untuk meningkatkan kinerja.

Hal tersebut disampaikan Koordinator BPP Kembang Kuning, Hotim, saat diwawancarai usai menyambut kedatangan tim verifikasi penilaian BPP Berprestasi tingkat Provinsi Kalsel pada Senin, 22 Mei 2023, di BPP Kembang Kuning.

Hotim pun optimis BPP Kembang Kuning mampu meraih juara sebagai BPP Berprestasi tingkat Provinsi Kalsel tahun 2023. Pasalnya, BPP Kembang Kuning telah melakukan berbagai persiapan sesuai dengan instrumen penilaian.

Terlebih, ada 3 inovasi yang telah dilakukan oleh BPP Kembang Kuning untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat seperti “Balicak” atau Bersama-sama Kunjungan Lapangan untuk Meningkatkan Kelas Kemampuan Kelompok Tani “Sipbarasa” atau Sistem Informasi Penjualan Beragam Sayuran, serta Agroeduwisata.

“Jadi di BPP Kembang Kuning ada 3 inovasi. Yang pertama ada namanya kegiatan ‘Balicak’, singkatan dari Bersama-sama Kunjungan Lapangan untuk Meningkatkan Kelas Kemampuan Kelompok Tani. Ini didasarkan pada isu permasalahan yang sedang terjadi di tingkat kelompok tani. Kemudian yang kedua ‘Sipbarasa’, ini sistem informasi penjualan beragam sayuran karena BPP Kembang Kuning berada di tengah-tengah kampung horti yang kegiatan RPKP Tabalong. Kemudian inovasi masih dalam rintisan BPP Kembang Kuning ingin menjadikan BPP ini sebagai agroeduwisata bagi petani-petani milenial maupun usia dini dari tingkat TK hingga tingkat SLTA untuk bisa menjadi tempat belajar bagi mereka,” ujar Hotim, Koordinator BPP Kembang Kuning.

Baca Juga  Puskesmas dan Kantor Camat Murung Pudak Akan Direlokasi

Hotim berharap BPP Kembang Kuning mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tabalong, terutama dari kelengkapan fasilitas, agar dapat menunjang kinerja para penyuluh yang ada di Kecamatan Haruai dan Upau yang menjadi wilayah kerja BPP Kembang Kuning.

(Nova Arianti/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment