BPS Tabalong Lakukan Pendataan Awal Regsosek 2022

by tabalong hari ini
0 comment

BPS Tabalong melakukan pendataan awal registrasi sosial ekonomi masyarakat di Kelurahan Tanjung RT 12-A, Kecamatan Tanjung, pada 1 November 2022. Pendataan dimulai dengan koordinasi antara petugas dan Ketua RT setempat, untuk memverifikasi keberadaan keluarga yang berdomisili di wilayah ini, serta tingkat kesejahteraannya.

Kemudian petugas melakukan penelusuran wilayah untuk memverifikasi ulang, dan mengindentifikasi data masing-masing keluarga di rumahnya. Pengumpulan data yang dilakukan mengenai kondisi sosial ekonomi, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan, dan informasi terkait kondisi ekonomi lainnya.

Lalu petugas menandai titik koordinat, dan mengambil foto rumah koresponden. Seluruh keterangan yang diambil petugas akan dijaga kerahasiannya, dan dijamin oleh undang-undang.

Ketua Bidang Manajemen Lapangan Regsosek 2022 BPS Tabalong, Yoppy Akhmad Fathoni mengatakan, pihak BPS hanya melakukan pendataan awal, sehingga basis data tersebut akan menjadi acuan pemerintah membuat kebijakan. Ia juga menuturkan, pendataan akan berakhir tanggal 14 November 2022, dan saat ini lebih dari 50 persen masyarakat Tabalong sudah terdata.

“Untuk ke BLT dan yang lain-lain itu mungkin dari kebijakan pemeritah pusat atau daerah. Untuk di Tabalong sendiri sekarang harusnya sudah 50% lebih, beberapa RT juga sudah selesai di data dan beberapa sedang proses data,” terangnya.

Yoppy menambahkan, pendataan awal regsosek Tahun 2022 dilakukan secara langsung oleh petugas lapangan ke rumah masyarakat, tidak menginput sendiri atau secara online. Oleh karena itu, ia mengimbau, agar masyarakat terlebih dulu mengecek tanda pengenal petugas dan surat tugasnya. Yoppy juga berharap, masyarakat secara kooperatif dapat memberikan data dengan baik, dan benar ke petugas lapangan.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment