Home DPRD Sejumlah Wisata Unggulan Tabalong Jadi Daya Tarik DPRD Kota Blitar

Sejumlah Wisata Unggulan Tabalong Jadi Daya Tarik DPRD Kota Blitar

by tabalong hari ini
0 comment

DPRD Kota Blitar melakukan koordinasi dan studi tiru terkait pengembangan potensi wisata di Kabupaten Tabalong. Dari hasil koordinasi, DPRD Kota Blitar akan mengadopsi kepariwisataan di bidang budaya lokal.

Ketua DPRD Kota Blitar, Syahrul Alim, bersama wakilnya serta sekretaris dewan dan pendamping, melakukan koordinasi dan studi tiru terkait pengembangan potensi wisata di Kabupaten Tabalong pada Senin, 29 Mei 2023, di Wisma Tamu Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Kedatangan sejumlah unsur pimpinan wakil rakyat Kota Blitar ini disambut secara langsung oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, beserta jajaran terkait.

Bupati Anang memaparkan progres pengembangan potensi wisata di Kabupaten Tabalong, mulai dari wisata alam yang sebagian besar masih termasuk kawasan hutan lindung, sehingga upaya pengembangannya melalui dana masing-masing desa setempat.

Lalu, wisata buatan, di mana 3 di antaranya meraih anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 dari Kemenparekraf RI, serta kepariwisataan di bidang budaya yang disajikan dalam bentuk event kebudayaan bertajuk Tabalong Ethnic Festival.

Bupati Anang juga menjelaskan tentang kunjungan wisatawan ke Tabalong tahun 2022 yang tertinggi se-Kalimantan Selatan, yakni lebih dari 3 juta wisatawan lokal dan 44 ribu wisatawan mancanegara.

“Untuk bisa mempertahankan bahkan meningkatkan kunjungan wisatawan ini, saya pikir sudah saatnya Tabalong keluar provinsi gitu. Nah yang pertama kita akan datang ke Kota Blitar tanggal 14 Juli untuk mengikuti kegiatan karnaval di sana, kita akan mengirimkan tim seni budaya kesana. Nah ini sekaligus untuk mengokohkan kerjasama antara Tabalong dengan Blitar.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong

Baca Juga  Warga Muara Uya Jadi Sasaran Pelayanan KB MKJP

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Blitar, Syahrul Alim, usai koordinasi dan studi tiru mengatakan, luas Kota Blitar hanya 33 kilometer persegi, jauh lebih kecil dibanding Kabupaten Tabalong yang mencapai 3.700 kilometer persegi. Oleh karena itu, sejumlah unsur dan kepariwisataan unggulan di Tabalong bakal jadi bahan masukan.

“Ini merupakan keinginan dari kami menjalin silaturahim dalam rangka peningkatan hubungan kerja antara pemerintah Kota Blitar dengan pemerintah Kabupaten Tabalong, dimana dalam hal ini kita meningkatkan kepariwisataan di masing-masing daerah, dan juga untuk mempertahankan budaya masing-masing.” ujar Syahrul Alim, Ketua DPRD Kota Blitar.

Mengakhiri koordinasi dan studi tiru ini, Pemkab Tabalong dan DPRD Kota Blitar saling bertukar cinderamata, yakni plakat Monumen Tanjung Puri dan replika Bung Karno, serta kain batik bercorak ciri khas masing-masing daerah.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment