Home Tabalong Hari Ini Masuk 5 Besar Lomba Desa Tingkat Regional, Desa Murung Karangan Diverifikasi

Masuk 5 Besar Lomba Desa Tingkat Regional, Desa Murung Karangan Diverifikasi

by Muhammad Rais
0 comment

Berhasil masuk 5 besar desa terbaik tingkat regional Kalimantan dan Sulawesi, Desa Murung Karangan didatangi tim penilai lomba desa. Kedatangan tim penilai bertujuan untuk verifikasi lapangan guna memastikan kesesuaian antara data informasi dan fakta di lapangan.

Verifikasi lapangan tim penilai lomba desa tingkat regional tiga Kalimantan Sulawesi tahun 2023 dilakukan pada Selasa, 18 Juli 2023, di Desa Murung Karangan, Kecamatan Muara Harus.

Sejumlah data dan informasi bidang kemasyarakatan, pemerintahan, dan kewilayahan yang masuk dalam parameter penilaian digali oleh tim penilai yang berjumlah 5 orang. Ketua tim penilai lomba desa tingkat regional tiga Kalimantan Sulawesi, Suyadi, menjelaskan bahwa verifikasi lapangan ini bertujuan untuk memastikan kesesuaian antara data informasi dan fakta di lapangan.

“Parameternya ada tiga bidang yang kita lihat disana, dari bidang kemasyarakatan, pemerintahan, dan kewilayahan. Karena tema kita di tahun 2023 ini adalah tata kelola pemerintahan desa yang baik dengan mewujudkan stabilitas, ekonomi, dan sosial di desa. Jadi penekanannya disana nanti ada terkait dengan tata kelola pemerintahannya, alur pelayanannya termasuk antisipasi kerawanan sosial menjelang tahun politik tahun 2024 ditingkat desa,” ujar Suyadi, Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Regional.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tabalong, Erwan Mardani, menuturkan bahwa pihaknya mendukung penuh Desa Murung Karangan di ajang lomba desa tahun 2023. Pasalnya, ini merupakan desa pertama di Kabupaten Tabalong yang berhasil melaju ke tingkat regional pada lomba desa.

Baca Juga  Cegah PMK Di Tabalong, Ratusan Ternak Divaksin

“Secara umum, dukungan dari pemerintah Kabupaten Tabalong, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, saya kira sudah maksimal. Jadi kita sudah memberikan satu arahan dan koordinasi kepada kepala desa, kemudian ketua BPD, dan seluruh perangkat terkait. Jadi persiapan kawan-kawan sudah luar biasa, sudah maksimal, dan ini memberikan suatu semangat kepada kita supaya menjadi yang terbaik.” ujar Erwan Mardani, Kepala DPMD Tabalong

Erwan Mardani berharap keberhasilan Desa Murung Karangan ini dapat menjadi motivasi dan semangat untuk kepala desa lain yang ada di Kabupaten Tabalong. Disamping itu, ia juga meminta doa dan dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Tabalong, sehingga Desa Murung Karangan dapat memberikan hasil terbaik untuk Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Tabalong.

Verifikasi lapangan ini turut dihadiri Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, sejumlah pimpinan SKPD, dan Tim Penggerak PKK Tabalong.

Diketahui, pasca verifikasi lapangan, tim penilai akan memilih tiga desa terbaik di regional Kalimantan dan Sulawesi untuk melakukan pemaparan di Jakarta, yang akan dilakukan pada bulan Agustus tahun 2023.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment