Home Tabalong Hari Ini DKPPTPH Siapkan Bantuan Alat dan Bahan Pengendali Hama

DKPPTPH Siapkan Bantuan Alat dan Bahan Pengendali Hama

by Muhammad Rais
0 comment

Sebagai upaya untuk mencegah serangan hama pada padi saat musim kemarau, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Kabupaten Tabalong menyediakan berbagai bantuan berupa alat dan bahan pengendalian hama untuk petani.

Melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengendalian Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPTD PTPH) DKPPTPH Tabalong, terus siap siaga memberikan bantuan kepada para petani yang memiliki keluhan terhadap serangan hama pada tanaman padi.

Bantuan yang diberikan beragam, mulai dari berbagai alat pengendali hama seperti light trap dan pita kerlip, serta bahan pengendali berupa pestisida nabati, agens pengendali hayati, maupun pestisida kimia.

Tidak hanya alat dan bahan, UPTD Pengendalian juga siap turun ke lapangan untuk melakukan gerakan pengendalian organisme pengganggu tanaman langsung ke lahan para petani.

Kepala UPTD Pengendalian Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPTPH Kabupaten Tabalong, Dony Tugas Prasetyo, menjelaskan bahwa bantuan berupa alat, bahan, maupun tenaga pengendalian dari UPTD Pengendalian dapat dinikmati oleh seluruh pemilik lahan padi yang ada di Kabupaten Tabalong, tanpa ada batasan luas lahan.

“Yang pertama para petani dapat melakukan koordinasi kepada PPL setempat, kalau PPL inikan sekurang-kurangnya per desa, jadi setiap desa ada PPL-nya. Jadi disana para petani bisa berkonsultasi dengan PPL, kemudian PPL akan menyampaikan kepada kami, kemudian kami akan tindak lanjuti,” jelas Dony Tugas Prasetyo, Kepala UPTD Pengendalian Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPPTPH Tabalong.

Baca Juga  4 Jamaah Haji Lansia Asal Tabalong Pastikan Berangkat Haji Tahun Ini

Dony juga menambahkan bahwa melalui upaya ini, pihaknya berupaya mempertahankan produksi dan produktivitas padi di Kabupaten Tabalong, khususnya saat musim kemarau.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment