Home Tabalong Hari IniPemerintahan Dispersip Tabalong Gelar Peringatan Hari Jadi Kearsipan ke-52

Dispersip Tabalong Gelar Peringatan Hari Jadi Kearsipan ke-52

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong Gelar Peringatan Hari Jadi Kearsipan Nasional yang ke-52. Peringatan ini dirangkai melalui upacara Hari Kearsipan yang digelar pada 6 Juni 2023 di halaman kantor Dispersip Tabalong.

Dipimpin langsung oleh Kepala Dispersip Tabalong, Norhayati, Hari Jadi Kearsipan ke-52 tahun ini mengusung tema “Gerakan Kearsipan Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa, dan Peradaban Unggul.”

Dalam amanatnya, Norhayati menyampaikan bahwa peringatan Hari Kearsipan ini tidak terlepas dari tujuan untuk meningkatkan sinergi seluruh pemangku kepentingan bidang kearsipan di tingkat kementerian, lembaga, dan daerah untuk melaksanakan tertib arsip, transformasi digital kearsipan, serta memori kolektif bangsa.

Disamping itu, juga ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh Kepala Dispersip Tabalong, mulai dari penyelenggaraan kearsipan yang selaras dengan mandat perundang-undangan hingga arahan Presiden Joko Widodo untuk meninggalkan cara-cara lama dalam pengelolaan kearsipan yang tidak efisien dan berinovasi dengan cara baru melalui sistem yang terintegrasi.

“Pada Hari Kearsipan ke-50, Presiden Joko Widodo memberikan arahan agar kita meninggalkan cara-cara lama dalam mengelola arsip yang tidak efisien, akses yang lamban, dan penyimpanan yang tersebar di mana-mana. Kita harus menggunakan cara-cara baru dengan terus berinovasi dan mengadaptasi TIK melalui sistem yang terintegrasi, melacak dan mengidentifikasi arsip secara cepat, registrasi dan pelestarian arsip milik masyarakat, dan mengembangkan sistem pengamanan arsip jangka panjang,” ujar Norhayati, Kepala Dispersip Tabalong.

Baca Juga  Benarkah Keramas Setelah Terkena Gerimis Efektif Atasi Penyakit?

Sementara itu, Kepala Bidang Kearsipan Dispersip Tabalong, Rahma Norita, juga menyampaikan bahwa pihaknya akan berkomitmen untuk terus berupaya mengangkat nilai lembaga kearsipan Kabupaten Tabalong lebih baik lagi.

“Hari ini kami telah menyelenggarakan Hari Kearsipan yang ke-52 di Kabupaten Tabalong. Dengan adanya peringatan Hari Jadi Kearsipan ini, kami berupaya ingin mengangkat nilai lembaga kearsipan Kabupaten Tabalong, yang selama ini tidak pernah kami rayakan. Tapi dengan adanya komitmen bersama, kami ingin mengangkat nilai dari sebelumnya. Semoga lembaga kearsipan Tabalong dengan merayakan Hari Jadi ini bisa terangkat lebih dari sebelumnya,” ujar Rahma Norita, Kepala Bidang Kearsipan Dispersip Tabalong.

Pada peringatan Hari Kearsipan ini juga turut diikuti berbagai elemen terkait, seperti para pengelola kearsipan, mahasiswa, serta seluruh pegawai Dispersip Tabalong.

(Muhammad Ariadi/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment