Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Budidaya Ikan Keramba Desa Tanta

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Inilah kelompok rambung, kelompok budidaya ikan keramba yang di bentuk pemerintahan desa tanta untuk memudahkan masyarakat yang terjun dalam usaha perikanan. Berdiri sejak 2019, pembudidaya ikan keramba di desa tanta awalnya hanya digeluti 3 orang. Kini di tahun 2022, Kelompok ini sudah di isi 28 orang pelaku budidaya ikan keramba dari 3 jenis ikan, yakni nila, mas dan jelawat, dengan jumlah mencapai ratusan keramba.

Kepala Desa Tanta, Budi Irianto menuturkan, Kelompok Rambung Desa Tanta juga turut membantu masyarakat desa agar mudah mendapatkan bibit ikan gratis, dengan menjalin kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Tabalong.

 “Baru saja kemaren kita bekerjasama dengan dinas ketahanan pangan yang membidangi perikanan membikin kelompok sehingga nanti menjembatani kepada kelompok tersebut baik itu dari pembibitan” Kata Budi Irianto, Kepala Desa Tanta.

Koperasi, UKM-Perindag Tabalong, untuk menjadikan hasil keramba sebagai makanan olahan seperti, kerupuk, amplang dan lain sebagainya, guna meningkatkan harga jual hasil panen dan menumbuhkan umkm di Desa Tanta. (Gazali Rahman).

Related Articles

Leave a Comment