Home Tabalong Hari Ini Embung Guntung Paikat Jadi Solusi Krisis Air Desa Maburai

Embung Guntung Paikat Jadi Solusi Krisis Air Desa Maburai

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong meresmikan Embung Kuntung Paikat Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak, pada Jumat pagi, 2 Februari 2024. Hadirnya embung ini diharapkan memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar.

Embung Guntung Paikat, yang berlokasi di belakang Islamic Center Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak, diresmikan langsung oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani. Embung ini didirikan sejak tahun 2019 dan mulai dioperasikan pada pertengahan tahun 2023.

Pembangunan embung di lahan seluas kurang lebih satu hektar ini dilakukan oleh Pemerintah Desa Maburai yang didukung oleh PT Adaro dan mitra kerjanya, yaitu PT. Saptaindra Sejati. Embung berkapasitas 27 ribu meter kubik ini merupakan sumber air baku untuk SPAM Desa Maburai.

Dalam laporannya, Camat Murung Pudak, Abdul Wahid, mengungkapkan bahwa pembangunan embung ini dilakukan untuk mengatasi krisis air di Desa Maburai beberapa tahun terakhir. Mengingat desa tersebut berada di dataran tinggi dan tidak memiliki sungai besar.

“Pertengahan tahun 2023 kemarin operasional embung guntung paikat ini sudah dimulai, jadi warga kita yang terlayani dengan SPAM desa dengan embung sumber mata air dari embung guntung paikat ini berjumlah 289 kepala keluarga atau rumah tangga dan alhamdulillah juga bisa mensupport sumber air untuk Islamic center.” ujar Abdul Wahid, Camat Murung Pudak.

Sementara itu, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, mengapresiasi hadirnya Embung Guntung Paikat ini. Ia berharap agar peningkatan pengelolaan air terus dilakukan oleh pihak desa, yang turut didukung oleh pihak swasta.

Baca Juga  Wifi Gratis Di Tempat Umum Berikan Manfaat Untuk Warga

“Saya terimakasih kepada pimpinan SIS pak didy, dan semua adaro dan mitra kerja ya, saya fikir ini layak ya untuk dibantu lagi, silakan nanti pihak desa dan kelurahan cari referensi desa mana di Indonesia yang mengelola air bersih yakan, kalau perlu kita adopsi, kalau tidak bisa sekaligus bertahap begitu, yang penting ini bisa jadi percontohan untuk desa lain.” kata Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Bupati Anang juga mendorong agar pihak desa dapat terus meningkatkan kualitas SDM, yaitu dengan terus membuat dan mengembangkan inovasi untuk kepentingan masyarakat.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment