Home Tabalong Hari Ini Tari Kakasai Sinupur Tampil di Ajang Parade Tari Kalimantan

Tari Kakasai Sinupur Tampil di Ajang Parade Tari Kalimantan

by Muhammad Rais
0 comment

Sanggar Seni Sulu Banua Kabupaten Tabalong tampil di ajang Parade Tari Kalimantan, Tapin Art Festival pada Senin malam 7 Agustus 2023 di ruang terbuka publik Rantau. Dalam acara ini, Sanggar Sulu Banua menampilkan tarian Kakasai Sinupur.

Inilah penampilan Tarian Kakasai Sinupur yang dibawakan oleh tujuh anggota Sanggar Seni Sulu Banua Kabupaten Tabalong dalam ajang Parade Tari Kalimantan Tapin Art Festival 2023.

Tarian ini menggambarkan proses pembuatan pupur secara tradisional oleh masyarakat Banjar, sampai dengan penjualannya. Diiringi musik khas, penampilan tari ini pun berhasil memukau penonton.

Ditemui terpisah, pengurus Sanggar Seni Sulu Banua Irna Iskandar, mengapresiasi perjuangan para penari, pemusik, maupun unsur terkait lainnya. Dirinya menilai ajang ini merupakan cara menguji mental tanding serta menjaga eksistensi Sanggar Seni Sulu Banua.

“Alhamdulillah, pada tahun ini Sanggar Seni Sulu Banua berpartisipasi dalam rangka memeriahkan Tapin Art Festival. Keikutsertaannya, meskipun dalam keterbatasan waktu dan finansial, kita tetap menampilkan yang terbaik,” ujar Irna Iskandar, pengurus Sanggar Seni Sulu Banua.

Irna berharap melalui ajang ini juga dapat meningkatkan kualitas dan mental penari maupun pemusik yang terlibat. Disamping itu, ia berharap agar pihak terkait memberikan dukungan penuh terhadap sanggar seni yang ada di Tabalong, sehingga terus eksis dan mampu meraih prestasi.

Baca Juga  DPRD Tabalong Tanggapi Momen Hari Jadi Ke-58 Tabalong

Diketahui, Parade Tari Kalimantan diikuti oleh 12 sanggar terbaik yang ada di Kalimantan. Sanggar Seni Sulu Banua merupakan perwakilan satu-satunya dari Tabalong dalam ajang tersebut.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment