Program Subsidi Tepat Mypertamina Mulai Diterapkan di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

PT Pertamina telah melakukan uji coba program subsidi tepat Mypertamina di 11 kabupaten kota se-Indonesia, sejak 1 Juli 2022. Melalui program ini, masyarakat dapat membeli BBM bersubsidi pertalite dan bio solar. Di Kabupaten Tabalong, program subsidi tepat Mypertamina baru diterapkan pada 23 Agustus 2022, dan hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat. Salah satunya di SPBU Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, seperti yang terpantau pada Rabu 31 Agustus 2022.

Pengawas SPBU Mabuun, Irwin Sahrianadi mengatakan, sebelum program ini diterapkan pihaknya sudah melakukan sosialisasi sejak 27 Juli 2022, tetapi masih banyak masyarakat yang belum mendaftarkan kendaraannya. Pihak SPBU Mabuun pun membuka booth informasi registrasi subsidi tepat Mypertamina, untuk mendampingi proses pendaftaran.

Irwin menjelaskan, seluruh kendaraan roda empat dapat didaftarkan, karena belum diatur kriteria kendaraan tertentu. Setelah berhasil mendaftar, para pendaftar akan menerima QR code melalui email maksimal 14 hari kerja. QR Code tersebut di scan sebelum pengendara mengisi BBM bersubsidi.

“Kalo menurut kita baguslah, artinya mengendalikan subsidi, tidak yang anu tidak dilangsir-langsir. Kalo sementara inikan memakai Code QR, jadi sebagian orang gak ada yang punya, terus anu omsetnya memang beturun sesuai Code QR itu yang diisi,” Kata Irwin.

Irwin menuturkan setiap kendaraan roda empat hanya dapat mengisi BBM bersubsidi maksimal 40 liter per hari, di wilayah Kabupaten Tabalong. Namun bagi masyarakat yang ingin bepergian keluar kota tidak perlu khawatir, karena dapat mengisi ulang BBM bersubsidi selama masih dalam batas maksimal tingkat provinsi. Misalkan seperti di Kalimantan Selatan hingga 200 liter per hari, dan Kalimantan Timur hingga 130 liter per hari.

Irwin juga menjelaskan saat ini diketahui 7 SPBU di Tabalong menerapkan program subsidi tepat Mypertamina, yakni SPBU Mabuun, Laburan, Mantuil, Pasar Panas, Kasiau, Saradang, dan Muara Uya. Sedangkan 5 SPBU dalam proses pengaktifan program, yaitu spbu hikun, gunung batu, cakung, mahe, dan Kambitin. 1 SPBU di Maburai tidak dapat diaktifkan karena mengalami kendala.

Alfi Syahrin, Tv Tabalong

Related Articles

Leave a Comment