Home Tabalong Hari Ini Desember 2023, Inflasi Tabalong Kembali Masuk 10 Terendah Se-Indonesia

Desember 2023, Inflasi Tabalong Kembali Masuk 10 Terendah Se-Indonesia

by Muhammad Rais
0 comment

Kabupaten Tabalong kembali masuk dalam 10 kabupaten dengan angka inflasi terendah se-Indonesia pada bulan Desember 2023. Angka inflasi Kabupaten Tabalong berada di bawah provinsi dan Nasional.

Informasi tersebut didapat dari Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi se-Indonesia yang digelar Kementerian Dalam Negeri secara daring pada Rabu, 3 Januari 2024.

Dalam Rakor yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ini diketahui, angka inflasi year on year Kabupaten Tabalong sebesar 2,39 persen. Angka tersebut masih berada di bawah angka inflasi year on year Provinsi Kalimantan Selatan dan nasional, yang masing-masing sebesar 2,43 persen dan 2,61 persen.

Berkat capaian ini, Kabupaten Tabalong berada di posisi ke-9, kabupaten dengan angka inflasi terendah se-Indonesia.

Saat ditemui usai mengikuti Rakor, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong, Norzain Ahmad Yani, menyampaikan bahwa TPID terus berupaya menjaga angka inflasi daerah, antara lain melalui kegiatan pasar murah hingga menggenjot aksi tanam cabai.

“Kita ke depan akan merencanakan aksi, antara lain misalnya untuk beberapa komoditas yang terus mengalami kenaikan, kita upayakan untuk melakukan yang namanya pasar murah, memberikan subsidi terhadap beberapa komoditas tertentu yang memang tidak bisa atau sulit diproduksi di tempat kita, misalnya bawang merah, bawang putih. Kemudian juga kita merencanakan untuk melaksanakan yang namanya gerakan tanam cabai di rumah-rumah, nanti Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura akan menyiapkan bantuan berupa bibit cabai rawit dan cabai merah dalam polybag, ini kita harapkan di masing-masing rumah tangga itu punya tanaman cabai, jadi tidak perlu membeli ke pasar, ini sangat membantu juga mengurangi dampak terhadap cabai yang menyebabkan harganya cenderung tinggi,” ujar Norzain A. Yani, Asisten Bid. Perekonomian & Pembangunan Setda Tabalong.

Baca Juga  Kejurnas Motoprix Series 1 Digelar di Tabalong, Ratusan Rider Unjuk Kemampuan

Diketahui, Rakor ini turut diikuti oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani beserta jajaran Tim Pengendali Inflasi Daerah Tabalong, Kepala Kejaksaan Negeri Tabalong, perwakilan Kodim 1008 Tabalong, dan Polres Tabalong.

(Muhammad Ariadi/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment