Home Tabalong Hari Ini 135 Pelamar Ikuti Tes Wawancara Pengawas TPS di Tanjung

135 Pelamar Ikuti Tes Wawancara Pengawas TPS di Tanjung

by Muhammad Rais
0 comment

Penerimaan pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) kini memasuki tahap wawancara. Salah satunya di Kecamatan Tanjung yang diikuti oleh seratus lebih pelamar untuk mengisi tugas pengawasan di 131 TPS se-Kecamatan Tanjung.

Panitia Pengawas Pemilihan Umum, atau PANWASLU Kecamatan Tanjung, melaksanakan tahap wawancara seleksi Pengawas Tempat Pemungutan Suara atau PTPS pada tanggal 10 hingga 12 Januari 2024, di kantor PANWASLU Kecamatan Tanjung, di Kelurahan Hikun.

Tahap wawancara ini diikuti oleh 135 pelamar yang lulus seleksi administrasi. Sebelumnya, penerimaan PTPS Kecamatan Tanjung diikuti oleh 141 pelamar, namun 6 orang dinyatakan tidak lulus administrasi. Tiga orang di antaranya di bawah usia 21 tahun, dan tiga orang tidak lulus verifikasi SIPOL atau Sistem Informasi Partai Politik.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat PANWASLU Kecamatan Tanjung, Susilawati, menyebutkan bahwa 135 pelamar PTPS diseleksi untuk mengisi tugas pengawasan masing-masing 1 orang di 131 TPS se-Kecamatan Tanjung.

PTPS akan bertugas mengawasi tahap pencoblosan di TPS sejak kedatangan logistik hingga pengantaran logistik ke kantor kelurahan atau desa, sebelum menjadi tanggung jawab pengawas kelurahan atau desa.

Oleh karena itu, Susilawati menjelaskan bahwa dalam tahap wawancara ini bukan hanya menggali pengetahuan dan pemahaman pelamar mengenai tugas-tugas PTPS, tetapi juga untuk menegaskan komitmen dan ketersediaan waktu mereka untuk mengawasi seluruh rangkaian tahap pencoblosan.

Baca Juga  Ratusan Siswa SMAN 2 Tanjung Berangkat ke Samarinda

“Yang pasti untuk semua calon PTPS jaga stamina, tingkatkan pengetahuan tentang pelaksanaan pemilu, jaga netralitas, integritas, dan kondusifitas pelaksanaan pemilu tahun 2024,” kata Susilawati.

Secara keseluruhan se-Kabupaten Tabalong, rentang waktu pelaksanaan tahap wawancara seleksi PTPS dari tanggal 10 hingga 17 Januari 2024. Selanjutnya, pengumuman hasil seleksi PTPS disampaikan dari tanggal 18 hingga 19 Januari 2024. Lalu, pelantikan dan bimbingan teknis akan diumumkan di kemudian hari.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment