Home Hewan Layanan USG Hewan Ternak Kini Tersedia di Disbunnak Tabalong

Layanan USG Hewan Ternak Kini Tersedia di Disbunnak Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong memberikan layanan Ultrasonografi atau USG untuk hewan ternak yang bunting. Layanan USG ini dapat dimanfaatkan masyarakat melalui lambaian artis atau layanan mobil keliling kesehatan hewan gratis.

Teknologi di bidang peternakan di Kabupaten Tabalong semakin canggih. Diantaranya hadir layanan USG untuk sapi dan kambing yang bunting.

Dengan alat ini, petugas kesehatan hewan bisa mendapatkan informasi lebih banyak dan akurat terkait kondisi ternak yang bunting. Bahkan risiko kegagalan dalam proses kebuntingan hewan ternak dapat diminimalisir, lantaran segala informasi terkait kebuntingan yang diperoleh dapat menjadi dasar untuk pemeliharaan ternak dan menjadi bahan penilaian untuk tindakan yang tepat.

Penggunaan alat USG ini terbilang praktis dan sederhana lantaran dimensinya yang kecil.

Medik Veteriner UPTD Puskeswan Disbunnak Tabalong, Dokter Hewan Mega Indah Suryani, menjelaskan hadirnya layanan USG ini semakin mempermudah pihaknya untuk memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat.

Indah menambahkan, sebelumnya untuk mengetahui kondisi sapi, pihaknya masih menggunakan metode palpasi rektal dengan memasukkan tangan ke dalam rektum sapi untuk meraba janin.

Metode ini beresiko melukai sapi saat pemeriksaan. Selain itu, lantaran hanya mengandalkan indra peraba, palpasi rektal tidak mampu mencari informasi soal kondisi abnormal janin, jumlah janin hingga jenis kelamin.

(Tim Liputan TV Tabalong)

You Might Be Interested In
Baca Juga  Pantau Vaksinasi Di Tabalong, Paman Birin : Ramadan Bukan Penghalang Vaksin

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment