Home Tabalong Hari Ini Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Melalui “Asam Kasturi”

Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Melalui “Asam Kasturi”

by Muhammad Rais
0 comment

Untuk meningkatkan lingkungan yang bersih sekaligus memanfaatkan limbah plastik menjadi nilai rupiah, Kantor Kelurahan Sulingan berinovasi dengan menciptakan inovasi “Asam Kasturi”.

Inovasi “Asam Kasturi” atau Angkutan Sampah Kelurahan Sulingan terintegrasi, ulet, responsif, dan inovatif resmi di-launching oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, pada Kamis, 3 Agustus 2023, di halaman Kantor Kelurahan Sulingan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, mengapresiasi hadirnya inovasi “Asam Kasturi”. Pasalnya, inovasi ini dinilai sangat bagus dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan.

Bupati Anang pun berharap agar desa maupun kelurahan lainnya dapat mengikuti jejak Kelurahan Sulingan untuk mengelola sampah dengan memanfaatkan SDM yang ada di desa maupun kelurahan masing-masing.

“Nah, jadi kami berharap agar Kelurahan Sulingan bisa menjadi contoh untuk angkutan sampah tadi sekaligus sebagai contoh bagi desa dan kelurahan lainnya dalam pengelolaan sampah oleh warga.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Sementara itu, Lurah Sulingan Muhammad Noor, menjelaskan bahwa selain untuk mengoptimalkan kebersihan lingkungan, inovasi “Asam Kasturi” juga dibuat untuk mengatasi kendala sejumlah warga yang berada di gang sempit yang tidak dapat terjangkau oleh truk pengangkut sampah.

“Dengan adanya inovasi ini, warga tidak lagi kerepotan untuk membuang sampah mereka ke TPS karena langsung diambil ke rumah warga, dan kami harapkan warga bisa memilah sampah tersebut, sehingga petugas ini supaya sampah ini punya nilai jual dan akan kita masukkan ke bank sampah atau ke pengepul. Nah, sedangkan sampah yang tidak bisa kita olah lagi akan kita antar ke TPS3R untuk dilakukan pembuangan ke TPA.” ujar Muhammad Noor, Lurah Sulingan.

Baca Juga  Takbiran Keliling Isi Malam Hari Raya Idul Fitri Warga Bintang Ara

Layanan pengambilan sampah dengan sistem jemput bola ini menggunakan 2 unit armada angkutan kendaraan motor roda tiga jenis Tosa, dengan rute penjemputan di lingkup wilayah RT.8 Kelurahan Sulingan.

(Maria Ulfah/ TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment